• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[-]
Tags
benar waktu memasang yang dalam singkat inilah dasi 3 cara

Inilah, 3 Cara Memasang Dasi Yang Benar Dalam Waktu Singkat
#1
[Image: Cara%2BMemasang%2BDasi%2BYang%2BBenar.jpg]

Cara memasang dasi yang benar memang telah kerap kali kita pelajari, bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah dulu. Namun kalau boleh jujur, berapa banyak diantara anda yang kini masih mengingatnya dan bisa dengan cepat mempraktikkannya tanpa mengingat-ingat ataupun mencontoh orang lain terlebih dahulu? Tak banyak bukan? Itulah mengapa pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak anda sekalian untuk kembali mempelajari cara memasang dasi yang benar. Khusunya 3 jenis simpul dasi yang paling umum dan paling mudah untuk dipelajari, bahkan oleh orang yang belum pernah memasang dasi sekalipun.

Ketiga jenis simpul tersebut adalah: Simpul Four-In-Hand, Simpul Half Windsor, dan Simpul Windsor. Dan beruntungnya, ketiga jenis simpul tersebut, merupakan simpul dasi yang paling sering diajarkan oleh para guru-guru kita, sejak zaman dulu hingga saat ini. So, jika ketika sekolah dulu, anda termasuk satu dari sekian banyak siswa yang terbiasa mengenakan dasi ketika jam pelajaran berlangsung, anda dipastikan dapat mengingatnya dengan lebih cepat.

Mari kita bahas satu-persatu,

1. Simpul Four-In-Hand

[Image: The%2BFour-in-Hand%2BKnot.png]


Simpul Four-In-Hand, merupakan simpul termudah yang bisa anda pelajari dalam waktu yang relatif singkat. Terutama jika dibandingkan dengan beragam jenis simpul dasi lainnya. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, ambil dahulu dasi yang ingin anda kenakan. Kemudian pakailah dasi tersebut di leher anda, dengan ujung dasi yang lebih lebar di sebelah kanan dan ujung dasi yang lebih kecil disebelah kiri. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar No. 1. Jika sudah, silahkan sesuaikan panjang kedua ujung dasi tersebut, sesuai dengan selera anda masing-masing.

Jika yang ingin anda buat adalah simpul dasi dengan ukuran yang cukup panjang, silahkan tarik dan panjangkan ujung dasi yang lebih lebar hingga ujung dasi yang lebih kecil terlihat lebih pendek dari sebelumnya.

Dan jika yang ingin anda buat adalah simpul dasi dengan ukuran yang tidak terlalu panjang, anda bisa menarik dan memanjangkan ujung dasi yang lebih kecil hingga ujung dasi yang lebih lebar sedikit lebih pendek dari sebelumnya.

Atau jika ingin mengikuti kaidah memasang dasi yang paling umum, anda bisa menempatkan ujung dasi yang lebih kecil sedikit lebih tinggi dari pada perut anda. Yang terpenting adalah, jangan lupa untuk tetap menyesuaikan panjang dasi yang ingin anda buat dengan tinggi badan anda.

Kedua, silangkan ujung dasi yang lebih lebar ke arah kiri atau tepat diatas ujung dasi yang lebih kecil

Ketiga, putar ujung dasi yang tadi anda silangkan (ujung dasi yang lebih besar) kebelakang ujung dasi yang lebih kecil, dan tarik hingga ujung dasi yang lebih besar tersebut keluar dan kembali berada di sebelah kanan.

Keempat, silangkan kembali ujung dasi yang lebih besar tadi kearah kiri. Namun beri sedikit rongga dibagian tengah

Kelima, lingkarkan kembali ke arah belakang, namun kali ini, arahkan ujung dasi tersebut kedepan, tepat kedalam rongga lingkaran yang barusan kita buat. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar No. 5.

Keenam, tarik turun ujung dasi yang lebih lebar tadi melewati rongga lingkaran yang telah anda buat tadi.

Dan terakhir (ketujuh), silahkan kencangkan dan sesuaikan simpul dasi anda.

2. Simpul Half Windsor

[Image: The%2BHalf%2BWindsor%2BKnot.png]


Untuk tingkat kesulitannya sendiri, simpul Half Windsor bisa kita kategorikan cukup mudah, sekalipun sedikit lebih sulit dari pada simpul Four-In-Hand yang baru saja kita bahas sebelumnya. Simpul ini sendiri, umumnya digunakan untuk memasang dasi dengan bahan yang tidak terlalu tebal. Untuk lebih jelasnya, mari kita coba buat.

Pertama, sama seperti sebelumnya silahkan ambil dan pasang dasi yang ingin anda kenakan dileher anda. Dengan aturan yang sama, yakni ujung yang lebih lebar di kanan dan ujung yang lebih kecil di kiri. Sesuaikan panjang kedua ujung dasi tersebut, sesuai keinginan anda. Atau umumnya buat panjang ujung dasi yang lebih kecil berada diatas pusar anda.

Jika sudah, langkah kedua, silangkan ujung dasi yang lebih lebar kebagian kiri atau tepat dibagian atas ujung dasi yang lebih kecil.

Ketiga, putar masuk kebagian belakang, hingga kembali keluar dibagian kanan.

Keempat, arahkan menuju lingkar leher anda, atau kearah atas 

Kelima, masukkan ujung dasi tersebut kedalam lingkar leher dan tarik serta keluarkan ujung dasi tersebut dari bagian kiri kearah depan.

Keenam, silangkan kembali ujung dasi tersebut kebagian kanan

Ketujuh, putar ke bagian belakang, namun sampai tengah arahkan ujung dasi tersebut ke lingkar leher anda.

Kedelapan, tarik masuk ujung dasi tersebut ke dalam rongga yang baru saja anda buat, dan terus tarik turun kebagian depan.

Dan terakhir (kesembilan), silahkan atur dan sesuaikan simpul dasi yang baru saja anda buat.

3. Simpul Windsor

[Image: The%2BWindsor%2BKnot.png]


Simpul Windsor sendiri kerap kali diinterpretasikan dan disebutkan secara keliru oleh banyak orang sebagai simpul "double windsor", padahal simpul "double windsor" sendiri sebetulnya merupakan simpul yang tidak pernah ada dan muncul karena interpretasi yang keliru dari sebagian orang yang beranggapan bahwa untuk membuat simpul Windsor anda harus menggandakan simpul Half Windsor. So, jika ada diantara anda yang masih sering menyebut simpul Windsor dengan sebutan simpul Double Windsor. Ada baiknya anda mulai membiasakan diri untuk hanya menyebutnya dengan Windsor saja. Simpul Windsor juga merupakan jenis simpul yang dianggap paling sempurna untuk membentuk segitiga simetris. Itu mengapa, simpul yang satu ini kerap kali dianggap sebagai simpul yang paling simetris jika dibandingkan dengan jenis simpul dasi lainnya.

Dan untuk cara membuatnya, mari sama-sama kita praktikkan:

Pertama, ambil dan pasang dasi yang ingin anda kenakan dileher anda, dengan bagian ujung dasi yang lebih kecil di sebelah kiri dan ujung dasi yang lebih lebar disebelah kanan. Sesuaikan tinggi kedua ujung dasi tersebut sesuai keinginan anda. 

Kedua, silangkan dan arahkan ujung dasi yang lebih lebar menindih ujung dasi yang lebih kecil (kebagian kiri)

Ketiga, putar masuk kearah belakang. Dan tarik kebagian atas 

Keempat, turunkan ujung dasi tersebut melalui lingkar leher kebagian kiri. 

Kemudian Kelima, putar kembali ujung dasi yang lebih lebar tersebut kebagian belakang ujung dasi yang lebih kecil hingga keluar kembali di sebelah kanan. 

Keenam, dari sebelah kanan bawa ujung dasi tersebut masuk kelingkar leher 

Ketujuh, dan terik turun kembali kebagian sebelah kanan. 

Kedelapan, kemudian silngkan kembali ujung dasi yang lebih lebar tersebut kebagian kiri

Kesembilan, putar kebagian belakang dan tarik ujung dasi keatas, menuju lingkar leher anda

Kesepuluh, tarik turun melalui rongga dilingkar leher yang telah kita buat barusan

Dan terakhir, tarik, geser dan sesuaikan simpul dasi yang telah sama-sama kita buat sesuai selera dan keinginan anda masing-masing, 

Nah, cukup mudah bukan? supaya lebih jelas, sembari membaca step by step yang telah saya paparkan diatas, anda bisa membuat masing-masing simpul tersebut sambil memperhatikan gambar pendukung yang telah saya berikan. 

Selamat mencoba Smile
 
Donate?
PayPal: djnandisme@gmail.com
Bitcoin: 1JbBokck8C729dcJjcAHmNuUMym8gBpBqc
[Image: chart?cht=qr&chld=Q|2&chs=300&chl=1JbBok...Mym8gBpBqc]
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)