• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kulkas Cepat Rusak? Ini Penyebabnya!
#1
[Image: Kulkas%2BCepat%2BRusak%252C%2BIni%2BPenyebabnya.jpg]

Lemari es atau kulkas adalah alat elektronik yang digunakan untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Namun, sering kali kita memasukan makanan dan minuman terlalu banyak tanpa memperhatikan kebersihan dan ketersediaan ruang dalam kulkas. Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas harus disesuaikan dengan tempatnya. Meski sudah menggunakan kulkas hemat energi, seperti produk-produk kulkas dari Panasonic, kita juga harus cermat dalam mengatur isi yang ada di dalam kulkas. Kelebihan muatan pada kulkas akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu. Hal tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan kulkas kita, juga untuk daya listrik yang digunakan. Agar lemari es atau kulkas tetap awet, berikut beberapa kesalahan umum yang sebaiknya anda hindari:

1. Terlalu Penuh

[Image: Terlalu%2BPenuh.jpg]

Menyimpan banyak makanan hingga memenuhi kulkas bukanlah sebuah hal yang baik. Agar tetap efisien, berikan ruang agar kulkas tetap dingin. Karena tanpa udara dingin, makanan akan cepat rusak. Isilah kulkas secukupnya saja, supaya suhu dingin didalam kulkas tetap terjaga dan semua makanan atau minuman yang kita simpan didalamnya menjadi lebih awet. 

2. Pintu Kulkas Tidak Rapat

[Image: Pintu%2BKulkas%2BTidak%2BRapat.jp]

Bagian pintu kulkas tidak seperti lemari biasa, karena pintu kulkas memiliki sepotong karet untuk menutupnya yang fungsinya adalah untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas agar tidak keluar, permasalahannya adalah kadangkala kita terlalu banyak menaruh makanan di pintu kulkas. Sehingga, udara dingin justru keluar lewat sela pintu.

3. Suhu Udara yang Keluar

[Image: Suhu%2BUdara%2Byang%2BKeluar.jpg]

Pintu kulkas yang terbuka lebar akan membuat udara di dalamnya keluar. Anda tentu mengetahui kalau lemari es membutuhkan cukup banyak tenaga listrik, jika pintu kulkas dibuka terlalu lama hingga es yang membeku didalam freezer mulai meleleh keluar maka akan banyak es yang membeku di bagian luar freezer. jika pintu kulkas terbuka selama satu menit, maka suhunya otomatis akan mulai menghilang dan makanan akan menjadi lebih cepat rusak. Untuk menghasilkan suhu yang baik, biarkan suhu kulkas naik hingga satu sampai dua jam untuk mencapai zona yang tepat.

4. Makanan Panas

[Image: Makanan%2BPanas.jpg]

Kulkas yang dimasukkan makanan panas akan lebih cepat rusak. Dan perlu Anda ketahui, jika suhu diatas 4,4 derajat celcius bakteri akan berkembang dengan cepat dan makanan menjadi tidak baik untuk dimakan. Untuk menyimpan makanan panas, maka lakukan pendinginan terlebih dahulu dan pindahkan ke wadah kecil. Cara ini akan mensirkulasikan udara lebih banyak. Baru kemudian, masukkan makanan tersebut ke kulkas jika sudah cukup dingin.

5. Pembersihan

[Image: Pembersihan.jpg]

Membersihkan kulkas harus dilakukan secara rutin, karena bakteri yang ada di dalam kulkas bisa mencemari makanan lain sehingga tidak bisa digunakan. Pembersihan kulkas minmal haruslah dilakukan seminggu sekali.


Nah, itulah 5 kesalahan umum yang harus Anda hindari, supaya kulkas tidak cepat rusak.
Donate?
PayPal: djnandisme@gmail.com
Bitcoin: 1JbBokck8C729dcJjcAHmNuUMym8gBpBqc
[Image: chart?cht=qr&chld=Q|2&chs=300&chl=1JbBok...Mym8gBpBqc]
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)