• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[-]
Tags
melitus dini sejak kenali diabetes mari gejala

Mari Kenali Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini
#1
[Image: Gejala-Diabestes-Melitus.jpg]

Selain faktor genetika, faktor lain yang yang seringkali menjadi pemicu terjadinya penyakit Diabetes Melitus adalah gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan yang tidak teratur dan asupan gizi makanan yang tidak seimbang. Konsumsi karbohidrat yang berlebih serta aktivitas fisik yang minim seringkali menjadi penyebab utamanya. Untuk itu, sebelum terlambat, mari kita kenali gejala diabetes melitus sejak dini.

Secara umum, Diabetes Melitus atau yang seringkali disebut sebagai penyakit kencing manis ini, dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Perbedaan yang paling mendasar diantara kedua tipe diabetes tersebut terletak pada kemampuan pankreas didalam tubuh kita untuk menghasilkan hormon insulin. Itulah sebabnya, kenapa Diabetes Melitus secara spesifik dikategorikan sebagai jenis penyakit Endokrinologi atau gangguan pada sistem hormon.

Dalam kasus diabetes tipe 1 kelenjar pankreas didalam tubuh dinyatakan tidak lagi mampu untuk menghasilkan hormon insulin. Itu sebabnya, para penderita diabetes tipe 1 memerlukan pasokan insulin dari luar. Injeksi insulin seringkali menjadi cara tepat untuk mengobatinya. Sedangkan dalam kasus diabetes tipe 2, umumnya kelenjar pankreas para penderitanya masih mampu untuk menghasilkan hormon insulin, namun dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga seringkali insulin tidak dapat bekerja sebagaimana seharusnya.

Selain 2 jenis tipe diabetes diatas, masih ada 1 tipe diabetes lain yang secara spesifik hanya menyerang wanita hamil. Diabetes tipe ini, umumnya dialami oleh wanita hamil yang sebelumnya justru tidak pernah memiliki riwayat penyakit diabetes.

Untuk itu, mari kita kenali beberapa gejala diabetes melitus awal berikut ini, yang bisa jadi menimpa siapapun, baik itu pria maupun wanita dewasa bahkan juga anak-anak.

1. Menjadi lebih sering merasa lapar dan ingin makan

Rasa lapar tersebut terjadi bukan karena kurangnya asupan glukosa dari makanan ke dalam sel-sel tubuh kita, melainkan karena proses metabolisme tubuh ketika merubah makanan menjadi kadar gula dalam darah berlangsung dalam waktu yang relatif lebih cepat. Itu sebabnya, kita akan merasa lebih lapar dari pada biasanya sekalipun kandungan gula dalam darah kita sudah cukup tinggi.

2. Menjadi lebih sering merasa haus dan ingin buang air kecil

Rasa ingin buang air kecil yang lebih sering dari biasanya ini terjadi karena berlebihnya kadar gula dalam darah yang menyebabkan tubuh harus mengeluarkan kelebihan kadar gula tersebut melalui ginjal bersama urine. Seringkali, rasa ingin buang air kecil secara berlebihan ini terjadi pada malam hari terutama ketika kita sedang tidur. Penyebabnya adalah kadar gula dalam darah pada malam hari relatif jauh lebih tinggi dibandingkan pada siang hari.

Sedangkan rasa haus yang terjadi secara terus-menerus biasanya terjadi karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan urine dan kekurangan cairan (dehidrasi).

3. Sering merasa lelah ketika beraktivitas

Hal ini terjadi karena kemampuan tubuh untuk merubah glukosa menjadi energi berkurang. Hal ini diperparah dengan kualitas tidur yang berkurang karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penderita diabetes pada umumnya akan lebih sering buang air kecil pada malam hari.

Nah, jika 3 gejala diabetes melitus awal diatas sudah mulai Anda rasakan. Segeralah rubah pola hidup lama Anda yang kurang sehat, atur pola makan Anda dengan seimbang, dan yang terpenting kurang santapan cepat saji dan minuman bersoda serta perbanyak olahraga atau bergerak.

Dan jika Anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi minuman manis, seperti teh manis ataupun sirop, cobalah untuk mengganti kandungan gula yang biasa Anda konsumsi dengan produk bebas gula, semisal Tropicana Slim. Karena hal itu tentu akan mengurangi dampak Diabetes Melitus yang mungkin muncul dikemudian hari. 

Mulailah hidup sehat, dari sekarang. 
Donate?
PayPal: djnandisme@gmail.com
Bitcoin: 1JbBokck8C729dcJjcAHmNuUMym8gBpBqc
[Image: chart?cht=qr&chld=Q|2&chs=300&chl=1JbBok...Mym8gBpBqc]
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)