ON|OFF Forum
Cara Membuat Salad Buah Naga Yang Simple Namun Menyehatkan - Printable Version

+- ON|OFF Forum (https://onoff.web.id)
+-- Forum: Rekomendasi Menarik (https://onoff.web.id/Forum-Rekomendasi-Menarik)
+--- Forum: Yang Kami Rekomendasikan (https://onoff.web.id/Forum-Yang-Kami-Rekomendasikan)
+--- Thread: Cara Membuat Salad Buah Naga Yang Simple Namun Menyehatkan (/Thread-Cara-Membuat-Salad-Buah-Naga-Yang-Simple-Namun-Menyehatkan)



Cara Membuat Salad Buah Naga Yang Simple Namun Menyehatkan - djnand - 03-26-2019

[Image: Cara%2BMembuat%2BSalad%2BBuah%2BNaga%2BEnak.png]

Beberapa waktu terakhir, harga buah naga mengalami penurunan yang cukup signifikan di berbagai daerah di Pulau Jawa. Bahkan di Banyuwangi sendiri, buah naga dengan kualitas terbaik hanya dihargai Rp. 1.000/kg. Padahal selama ini, Banyuwangi terkenal sebagai pusat komoditi buah naga dengan kualitas terbaik di Indonesia. Anjloknya harga buah naga tak lain disebabkan oleh melimpahnya hasil panen dari para petani. Yap, karena semula buah naga sempat menjadi primadona dan masuk dalam jajaran buah sehat dengan harga yang cukup "mewah" dibandingkan buah lain, banyak petani buah yang kemudian menanam buah naga secara bersamaan. Tak disangka, melimpahnya hasil panen inilah yang justru membuat harga buah naga semakin anjlok diberbagai daerah di tanah air.

Padahal buah naga memiliki beragam manfaat yang amat baik bagi tubuh kita. Beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan antara lain, adalah:

1. Mengontrol kadar gula darah

Jika kadar gula darahmu selalu tinggi, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah naga. Karena menurut sebuah studi kesehatan yang dilakukan beberapa waktu lalu, mengkonsumsi buah naga secara teratur ternyata dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Mencegah Anemia

Selama ini, buah naga memang dipercaya mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dan kandungan zat besi inilah yang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Buah naga pun dipercaya dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah. So, buat kamu sering mengalami anemia. Selain mengkonsumsi hati sapi, kamu bisa mulai mengkonsumsi buah naga sebagai alternatif penambah darah.

3. Mencegah Sel Kanker

Salah satu pemicu timbulnya sel kanker dalam tubuh manusia adalah paparan radikal bebas dari lingkungan di sekitar kita. junkfood, asap kendaraan bermotor, asap rokok, polusi udara, dan berbagai limbah industri menjadi penyumbang terbesar radikal bebas disekitar kita. Nah, untuk mencegah kerusakan sel yang dapat berdampak pada timbulnya sel kanker, kamu amat disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga.

4. Meningkatkan jumlah trombosit

Selain jambu merah, buah naga seringkali digunakan untuk mengobati demam berdarah. Alasannya adalah karena buah naga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh kita.

5. Untuk detoksifikasi alami

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga, selain berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit, juga berguna untuk membuang racun dari tubuh kita.

Nah, mumpung harganya lagi murah. Kita bisa ikut memanfaatkan momen ini untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Salah satunya dengan cara membuat salad buah berbahan dasar buah naga. Bagaimana cara membuatnya?

Berikut cara membuat salad buah naga yang simple namun menyehatkan:

[Image: Cara%2BMembuat%2BSalad%2BBuah%2BNaga%2BY...hatkan.jpg]

Bahan-bahannya:

1. Buah naga secukupnya
2. Buah alpukat (karena harganya yang juga sedang murah hehe)
3. Mayonaise
4. Keju Parut
5. Yogurt
6. Dan, susu kental manis

Cara membuatnya:

1. Cuci bersih semua buah tersebut di air mengalir. Jika ada, gunakan sabun khusus yang biasa dipakai untuk mencuci buah dan sayur. Tujuannya, adalah agar buah-buahan tersebut terbebas dari mikroorganisme patogen seperti bakteri, cacing, jamur, dan ulat serta berbagai zat kimia berbahaya. Karena sekali lagi, kita tidak tahu bagaimana proses distribusi buah-buahan tersebut sebelum sampai ketangan kita.

2. Jika sudah, kupas dan potong dadu semua buah tersebut. Yap baik buah naga maupun buah alpukat.

3. Siapkan saus mayonaise. Caranya adalah dengan mencampur mayonaise, yogurt dan susu kental manis, kemudian aduk hingga rata.

4. Jika sudah, masukkan potongan buah naga dan alpukat yang telah kita potong dadu tadi kedalam saus mayonaise yang baru saja kita buat.

5. Dan terakhir, tambahkan keju parut diatasnya. 

Taaaraaaa ... Jadi dehhhh.... 

Gimana? Gampang kan, resep salad buah naga-nya hoho. 

So, tunggu apalagi? buruan dibeli sana mumpung harganya masih murah Smile