• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[-]
Tags
musim merawat saat kemarau cara rumah

Cara Merawat Rumah Saat Musim Kemarau
#1
[Image: Musim%2BKemarau.jpg]

Musim kemarau adalah musim yang membuat gerah. Cekaman panasnya juga dapat membuat beberapa peralatan di rumah menjadi rusak. Misalnya peralatan pendingin, cat dinding yang luntur dan dedaunan yang rontok, mengotori halaman rumah bahkan bagian dalam rumah Anda.

Sebelum memasuki musim kemarau atau lebih baiknya lagi sebelum musim kemarau tiba, sebaiknya Anda menyiapkan diri dan merawat kredit rumah Anda sebelum dan saat musim kemarau. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir harus meninggalkan rumah saat terik mentari karena ada bagian di dalam rumah Anda yang tidak berfungsi dengan baik.

Cek dan Optimasikan Kembali Air Conditioner Anda

[Image: Air%2BConditioner%2B%2528AC%2529.jpg]

Alat elektronik yang paling Anda butuhkan saat memasuki musim kemarau adalah AC. Oleh karena itu, AC menjadi prioritas yang harus Anda dahulukan dibandingkan perabotan yang lain. Anda harus mengecek beberapa faktor penting AC, seperti jumlah cairan pendingin, dan apakah kipas AC Anda berjalan dengan baik.

Dua hal tersebut akan mempengaruhi dua hal. Pertama, AC Anda akan tetap dingin ketika keduanya dalam kondisi baik. Kedua, jumlah tagihan listrik Anda akan lebih langsing karena AC yang rusak akan bekerja lebih keras dan memakan energi listrik yang lebih besar. Anda juga bisa membeli dan mengganti air filter AC Anda agar suaranya lebih lembut dan lebih bersih menyaring kotoran.


Mengecek Atap Rumah

[Image: Mengecek%2Bdan%2BMemperbaiki%2BAtap%2BRumah.jpg]

Atap rumah Anda harus dicek setiap tahun agar Anda tidak kerepotan saat musim kemarau atau musim hujan tiba. Saat musim kemarau, panas yang tinggi akan membuat elemen rumah Anda memuai dan kemungkinan rusak. Kerusakan elemen atap saat kemarau akan mengakibatkan kebocoran saat musim penghujan. Oleh karena itu, Anda harus mengecek atap rumah Anda pada awal dan akhir musim kemarau agar Anda dapat menanggulangi kerusakan atap rumah sebelum kerusakan tersebut makin parah. Jika terjadi kerusakan, Anda dapat segera memperbaikinya. Jika Anda memerlukan, panggillah bantuan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Periksa dan Bersihkan Selokan Tiap Hari

[Image: Membersihkan%2BSelokan%2Bdari%2BDedaunan%2BKering.jpg]

Hal yang paling identik dengan musim kemarau adalah dedaunan yang rontok. Beberapa dari dedaunan kering tersebut pasti ada yang jatuh di atas selokan dan menyebabkan mampetnya selokan tersebut. Selain dedaunan kering, pasti banyak pula biji-bijian gulma yang jatuh pada selokan dan akan menyumbat selokan saat biji-bijian tersebut tidak dibersihkan pada musim penghujan. Oleh karena itu, bersihkan selokan dari daun kering dan kotoran lain yang ada dalam selokan rumah Anda. Dengan demikian, selokan tidak akan tersumbat dan menyebabkan banjir kecil di halaman rumah saat musim hujan tiba.

Membersihkan Jendela dan Ventilasi


[Image: Membersihkan%2BJendela%2Bdan%2BVentilasi.jpg]

Pada musim kemarau, debu akan dengan mudahnya beterbangan dan membuat ventilasi serta jendela rumah Anda kotor. Ventilasi yang kotor akan membuat udara dalam rumah Anda kotor. Sedangkan jendela yang kotor akan nampak tak elok. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering mengecek dan membersihkan ventilasi saat musim kemarau.

Gunakan pembersih kaca yang dapat melapisi kaca agar debu tidak menempel. Untuk membersihkan ventilasi Anda dapat menggunakan kuas atau sikat gigi bekas untuk menjangkau area yang susah dibersihkan. Anda juga dapat memasang kasa nyamuk agar membantu menyaring debu atau kotoran yang berukuran besar yang mungkin masuk ke dalam rumah Anda.

Siram Halaman Rumah Secara Berkala


[Image: Menyiram%2BHalaman%2BRumah.jpg]

Menyiram halaman rumah akan membantu mendinginkan udara disekitar rumah Anda. Cara ini juga ampuh untuk mencegah debu dan kotoran beterbangan. Anda dapat menyiram halaman rumah Anda menggunakan pompa air agar aliran air lebih deras dan mampu mencapai area-area yang lebih luas. Sebelum menyiram, Anda harus memastikan tidak ada sambungan listrik terbuka yang dapat membahayakan jiwa Anda dan keluarga Anda.


Membersihkan Kolam Renang


[Image: Kolam%2BRenang.jpg]

Pada saat musim kemarau datang, Anda dan keluarga akan lebih sering menggunakan kolam renang dibandingkan musim penghujan. Oleh karena itu, Anda juga harus lebih sering membersihkan kolam renang di rumah Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai penyakit yang mungkin terakumulasi dari frekuensi pemakaian yang tinggi. Selain itu, dedaunan kering yang jatuh dari pepohonan dapat mengotori kolam Anda tersebut.

Anda dapat membersihkan kolam dengan menggunakan cairan pembersih dengan kadar detergen yang rendah. Sikat seluruh dinding dan dasar kolam hingga terasa kesat dan bersih dari lumut maupun lendir. Gunakan pula pompa air yang hemat energi agar tagihan listrik anda tidak membengkak karena harus bekerja keras mengisi air dalam volume yang sangat besar.

Penutup

[Image: Musim%2BKemarau%2B2.jpg]

Merawat rumah pada musim kemarau adalah investasi jangka panjang yang akan mencegah kerusakan yang ditimbulkan selama musim kemarau. Kerusakan tersebut akan menyusahkan Anda pada musim panas tersebut atau akan terakumulasi hingga terasa efek negatifnya saat musim penghujan. Demikian artikel perawatan rumah saat musim kemarau ini. Semoga dapat membantu Anda melewati musim kemarau tanpa masalah di rumah Anda!
Donate?
PayPal: djnandisme@gmail.com
Bitcoin: 1JbBokck8C729dcJjcAHmNuUMym8gBpBqc
[Image: chart?cht=qr&chld=Q|2&chs=300&chl=1JbBok...Mym8gBpBqc]
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)