• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[-]
Tags
etika wajib dipahami laptop orang yang meminjam semua

Etika Meminjam Laptop yang Wajib Dipahami Semua Orang
#1
Star 
[Image: 19360_A3-ACER-ASPIREV15-V5-591G-BLACK_XC...black.jpeg]
Budaya pinjam meminjam barang bukanlah hal baru bagi kita. Sebelum sempat mendapatkan cicilan ringan laptop murah Acer di MatahariMall, mungkin kita sering meminjam laptop teman untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Hal ini pasti membuat kita sangat terbantu meskipun belum memiliki laptop yang memadai.

Tetapi apakah kita semua sudah memahami etika meminjam laptop yang baik dan benar?

Supaya tidak membuat teman kita kapok meminjamkan laptop, kita semua wajib memahami beberapa etika sederhana ini.

Pantang Mengembalikan Dalam Kondisi Rusak


Mengembalikan laptop pinjaman dalam keadaan rusak memang sangat tidak sopan. Kalau kita tidak sengaja membuat laptop pinjaman tersebut rusak, maka kita harus bertanggung jawab dulu sebelum mengembalikannya. Sudah menjadi kewajiban kita untuk mengembalikan laptop dalam keadaan baik seperti ketika kita meminjamnya.

Berikan Informasi Mengenai Waktu Peminjaman


Sewaktu meminjam laptop, kita juga harus memberi tahu si pemilik laptop mengenai waktu yang kita inginkan untuk meminjam laptop. Jangan sampai kita meminjam terlalu lama sampai mengganggu aktivitas si pemilik laptop. Karena laptop adalah gadget yang digunakan hampir setiap hari, sebaiknya kita tidak meminjamnya terlalu lama.

Jangan Lupa Log Out


Meskipun kita meminjam laptop kepada sahabat, bukan berarti kita bebas meninggalkan akun pribadi kita tanpa log out terlebih dahulu. Kalau sudah selesai meminjam laptop, pastikan untuk melakukan log out dari semua akun sebelum kita mengembalikan laptop tersebut.

Jangan Meninggalkan Dokumen Apa Pun di Laptop


Selain log out akun pribadi, kita juga harus mengecek dokumen-dokumen yang kita buat di laptop pinjaman. Pindahkan dulu dokumen tersebut ke media penyimpanan lain supaya tidak tertinggal di laptop. Menyimpan dokumen di laptop milik orang lain akan membuat si pemilik laptop merasa kurang nyaman saat kembali menggunakan laptopnya.

Lakukan Proses Charging Hingga Penuh


Sewaktu kita mengembalikan laptop nanti, mungkin saja laptop itu akan digunakan pemiliknya untuk kebutuhan mendesak. Oleh sebab itu, kita harus melakukan proses charging laptop sampai penuh sebelum mengembalikannya. Hal ini akan memberika kesan kalau kita adalah peminjam yang bertanggung jawab.
 
Terakhir, saat mengembalikan laptop jangan lupa tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Sampaikan kepada si pemilik laptop bahwa pinjaman yang diberikan sangat bermanfaat untuk kita.
Donate?
PayPal: djnandisme@gmail.com
Bitcoin: 1JbBokck8C729dcJjcAHmNuUMym8gBpBqc
[Image: chart?cht=qr&chld=Q|2&chs=300&chl=1JbBok...Mym8gBpBqc]
  Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)