Welcome, Guest
You have to register before you can post on our site.

Username
  

Password
  





Search Forums



(Advanced Search)

Forum Statistics
» Members: 43
» Latest member: weps185
» Forum threads: 46
» Forum posts: 60

Full Statistics

Online Users
There are currently 3 online users.
» 0 Member(s) | 3 Guest(s)

Latest Threads
Gemar Minum Teh? Yuk, Ken...
Forum: Yang Kami Rekomendasikan
Last Post: djnand's Avatardjnand
Yesterday, 10:20 AM
» Replies: 0
» Views: 322
Bosen Sama Kue Nastar Yan...
Forum: Yang Kami Rekomendasikan
Last Post: djnand's Avatardjnand
09-14-2017, 06:25 AM
» Replies: 0
» Views: 579
Cara Merawat Rumah Saat M...
Forum: Yang Kami Rekomendasikan
Last Post: djnand's Avatardjnand
09-02-2017, 01:49 PM
» Replies: 0
» Views: 994
Maintenis Selesai 01/06/1...
Forum: Informasi Utama & Aturan Main
Last Post: djnand's Avatardjnand
06-01-2017, 02:15 AM
» Replies: 0
» Views: 5,378
Jangan Request yang Aneh-...
Forum: Pengen Request Board baru?
Last Post: djnand's Avatardjnand
05-04-2017, 04:51 AM
» Replies: 0
» Views: 415
Rules Untuk Nyicip
Forum: Bebas Nyicip
Last Post: djnand's Avatardjnand
05-04-2017, 04:47 AM
» Replies: 0
» Views: 163
It's Me! - djnand
Forum: Kenalan sembari nunggu seduhan kopi tubruk
Last Post: djnand's Avatardjnand
05-04-2017, 04:42 AM
» Replies: 0
» Views: 165
Apa Bedanya User "Agents"...
Forum: Informasi Utama & Aturan Main
Last Post: djnand's Avatardjnand
05-04-2017, 04:32 AM
» Replies: 0
» Views: 3,679
Maintenis 04/05/17
Forum: Informasi Utama & Aturan Main
Last Post: djnand's Avatardjnand
05-04-2017, 04:24 AM
» Replies: 0
» Views: 180
Good bye! Solidfiles, We'...
Forum: Ngopi bareng
Last Post: djnand's Avatardjnand
05-03-2017, 12:24 PM
» Replies: 0
» Views: 316

 
  Gemar Minum Teh? Yuk, Kenali Dulu 6 Jenis Teh Berikut Ini Beserta Manfaatnya
Posted by: djnand - Yesterday, 10:20 AM - Forum: Yang Kami Rekomendasikan - No Replies

[Image: 6%2BJenis%2BTeh%2BBeserta%2BManfaatnya.jpg]

Bagi para penikmatnya, kebiasaan meminum secangkir teh hangat di pagi, siang atau bahkan sore hari, merupakan sebuah gaya hidup terjadwal yang tak 'kan pernah mereka lewatkan begitu saja, bahkan ditengah rutinitas kerja dan kesibukan yang sedang mereka jalani sehari-hari. Karena layaknya para pecinta kopi, mereka yang gemar mengkonsumsi seduhan teh pun, biasanya akan merasa "ada yang kurang" jika belum mengkonsumsinya. Dan jika anda termasuk satu diantara sekian banyak penggemar seduhan teh, anda tentu pernah merasakan hal serupa bukan?

Nah, bicara soal teh, sekalipun banyak macamnya, segala jenis teh yang kita kenal saat ini, nyatanya masih berasal dari sebuah jenis tanaman yang sama, yang biasa dikenal dengan istilah latin Camelia Sinensis. Sebuah tumbuhan hijau, yang masuk kedalam kategori semak-semak, yang biasanya tumbuh didaerah pegunungan yang cukup sejuk.

Lantas mengapa kemudian teh dibedakan menjadi sedikitnya 6 jenis yang berbeda, jika sebetulnya mereka sama-sama berasal dari satu jenis tanaman yang sama?

Jawabannya, ada pada proses pembuatannya yang berbeda-beda.

Mari kita bahas satu-persatu,

Teh Putih

[Image: Teh%2BPutih.jpg]

Teh Putih sendiri biasanya dibuat dari pucuk daun teh pilihan yang masih sangat muda, yang sengaja dilindungi dari sengatan sinar matahari langsung untuk menghindari pembentukan zat hijau daun atau klorofil, yang secara alamiah akan mulai terbentuk ketika tumbuh-tumbuhan hijau mendapat asupan sinar matahari yang cukup pada proses fotosintesis. Itulah mengapa, kandungan senyawa catechin pada Teh Putih, kemudian menjadi jauh lebih banyak dari pada kandungan senyawa catechin pada jenis teh lainnya. Karena selaput benang halus keperakan yang biasa melapisi pucuk daun teh sengaja dijaga supaya tidak sampai mengalami proses fotosintesis yang menyebabkannya mengalami pembentukan zat hijau daun.

Mengkonsumsi Teh Putih secara teratur pun dipercaya amat baik untuk melawan sel-sel kanker karena kandungan catechin-nya yang jauh lebih tinggi dari jenis teh lainnya yang membuatnya memiliki sifat anti-kanker yang jauh lebih tinggi pula. Bahkan menurut beberapa studi medis lain, mengkonsumsi teh putih dipercaya dapat turut mengurangi resiko rawan sendi yang biasa diderita oleh para lansia, serta memicu kinerja jantung yang jauh lebih baik.

Masalahnya adalah, jenis Teh yang tidak melalui tahap oksidasi maupun fermentasi ini dijual dengan banderol yang terbilang cukup mahal, karena jumlah produksinya yang memang amat sangat sedikit.

Teh Hijau

[Image: Teh%2BHijau.jpg]

Berbeda dengan Teh Putih yang tidak melalui tahap oksidasi maupun fermentasi, Teh hijau dibuat melalui proses oksidasi dengan tingkat minimal, dalam artian, bahwa pucuk dauh teh yang digunakan tetap mengalami proses pemanasan dengan menggunakan uap air dengan suhu yang tinggi, namun proses oksidasi dihentikan ketika sampai pada tingkatan minimal.

Itulah mengapa Teh Hijau dianggap lebih berkhasiat bagi kesehatan, jika dibandingkan dengan Teh Hitam. Menurut beberapa hasil penelitian, kandungan EGCG yang tinggi pada Teh Hijau dipercaya cukup ampun untuk mengurangi resiko segala jenis kanker, seperti, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker pankreas, kanker usus besar serta kanker lambung. Senyawa polifenol organic yang dimiliki Teh Hijau juga diyakini memiliki anti oksidan yang cukup kuat untuk menangkal segala jenis radikal bebas. 

Bahkan bagi para penderita diabetes dan kolesterol, Teh Hijau diyakini cukup baik untuk menurunkan kolesterol jahat yang seringkali menyumbat pembuluh darah kita. Sehingga mengkonsumsi seduhan teh hijau secara teratur secara tidak langsung akan ikut menurunkan kadar kolesterol anda dan turut menstabilkan kadar gula darah anda. Dan bagi para lansia, mengkonsumsi teh hijau secara teratur disebut-sebut cukup baik untuk mengurangi resiko kerusakan otak yang seringkali mengakibatkan penyakit Alzheimer, Parkinson dan Stroke.

Kandungan flour dan tanin pada Teh Hijau juga bermanfaat untuk menjaga karang gigi agar tidak berlubang dan menambah kekebalan tubuh kita. Bahkan kabar baiknya, jenis teh dengan kandungan kafein yang amat kecil ini pun ternyata dapat turut mencegah resiko penyakit jantung koroner karena sifatnya yang dapat mengencerkan darah.

Tak heran jika kemudian Teh Hijau menjadi salah satu jenis teh yang cukup diminati oleh para penikmatnya. Karena selain memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. kandungan kafein yang cukup kecil, membuat Teh Hijau cukup aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Teh Hitam (Teh Merah)

[Image: Teh%2BHitam.jpg]

Teh Hitam, atau yang sering juga disebut sebagai Teh Merah oleh orang-orang Jepang, merupakan jenis teh yang paling sering kita konsumsi dalam keseharian kita. Karena Teh Hitam merupakan bahan baku utama, pembuatan Teh Instant (Celup) dan Teh Jasmine. Berbeda dengan 2 jenis teh pertama yang sudah kita bahas tadi, Teh Hitam sendiri, biasanya difermentasikan kurang lebih selama 2 minggu sampai 1 bulan sebelum akhirnya siap untuk dikemas dan dipasarkan. Karena itulah, kandungan kafein dalam Teh Hitam dianggap cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk meminumnya lebih dari 5 cangkir sehari. Sekalipun begitu, disisi lain, kandungan kafeinnya yang cukup tinggi ternyata cukup ampuh untuk mengurangi resiko buruk merokok pada paru-paru para perokok aktif.

Bahkan lebih jauh, Teh Hitam juga diyakini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi tekanan Darah Tinggi (hipertensi), mencegah timbulnya penyakit jantung, serta resiko serangan stroke.

Dan tidak seperti Teh Putih atau Teh Hijau yang cukup sulit untuk kita temui dipasaran. Teh Hitam justru dapat dengan mudah kita temui dalam beragam varian rasa dan aroma teh pilihan, yang salah satunya dapat anda jumpai pada produk-produk unggulan Sariwangi.

[Image: Teh%2BSariMurni.jpg]

Baru-baru ini, Sariwangi bahkan berinovasi dengan menghadirkan varian Teh Sarimurni kantong bundar dengan teknologi OsmoFilter, yang berguna untuk menyaring serta melepaskan sari-sari teh dengan lebih baik. Sehingga hasil teh yang nantinya anda seduh, akan jauh lebih cerah, jernih serta amat sangat nikmat untuk dinikmati di pagi maupun sore hari. Penyajiannya pun terbilang cukup mudah, karena anda hanya perlu menyeduh satu kantong teh sarimurni dengan air panas, dan membiarkannya larut sekitar 3 hingga 5 menit sebelum siap untuk dihirup aromanya dan dinikmati sembari bersantai bersama teman, keluarga maupun para kerabat.

Teh Oolong

[Image: Teh%2BOolong.jpg]

Jika Teh Hijau di fermentasikan kira-kira sebulan lamanya, Teh Oolong melalui tahap oksidasi yang terbilang cukup singkat, yakni hanya 2 hingga 3 hari saja. Meskipun begitu, belum banyak penelitian medis yang dapat kita gunakan sebagai acuan untuk memaparkan lebih jauh manfaat atau khasiat dari jenis teh yang satu ini. Satu-satunya riset ilmiah yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu, hanya menyebutkan manfaat Teh Oolong sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Ada juga yang berasumsi bahwa Teh Oolong dapat membantu menurunkan obesitas, sekalipun belum ada bukti ilmiah yang mengukuhkannya.


Teh Pu-erh

[Image: Teh%2BPu-erh.jpg]

Teh Pu-erh sendiri merupakan golongan Teh Hitam yang diproses dengan cara berbeda, sehingga di klasifikasikan menjadi jenis Teh lain. Ada dua jenis Teh Pu-erh, yakni Teh Pu-erh mentah dan matang. Teh Pu-erh mentah dapat langsung diolah maupun disimpan untuk bertahun-tahun kedepan. Sedangkan Teh Pu-erh matang biasanya akan diproses dengan memantau kelembaban daun, layaknya pembuatan pupuk kompos. Sama seperti Teh Oolong, Teh Pu-erh pun berkhasiat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).


Teh Herbal

[Image: Teh%2BHerbal.jpg]

Teh Herbal memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih rendah dari pada jenis Teh lain yang telah kita bahas tadi. Hal ini disebabkan karena Teh Herbal tidak hanya diproduksi dari daun teh saja, melainkan dicampur dengan beragam rempah-rempah lain, buah, biji, bahkan akar sesuai dengan tujuannya masing-masing. Dan karena bahan bakunya yang juga beragam, manfaatnya pun tergantung pada campuran bahan pembuatnya dan tujuan pembuatannya.

Nah, itulah kira-kira 6 jenis Teh yang selama ini kita kenal dan nikmati beserta manfaatnya masing-masing. 

Jangan lupa minum Teh ya hari ini Smile


  Bosen Sama Kue Nastar Yang Itu-itu Aja? Yuk, Kita Coba Bikin Kue Nastar Candy Pop!
Posted by: djnand - 09-14-2017, 06:25 AM - Forum: Yang Kami Rekomendasikan - No Replies

[Image: Resep%2BKue%2BNastar%2BCandy%2BPop.jpg]

Membuat sendiri panganan atau kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, maupun beragam jenis kue kering lainnya, merupakan salah satu tradisi turun temurun yang biasa dilakukan oleh para orangtua kita sejak zaman dahulu. Tradisi ini sendiri, biasanya mulai ramai dilakoni menjelang hari raya besar keagamaan, seperti perayaan Natal maupun Lebaran (Idul Fitri). Bahkan dalam beberapa kesempatan lain, tradisi membuat panganan kue kering ini, tak jarang turut pula memeriahkan perayaan tahunan lain seperti Tahun Baru Masehi dan Tahun Baru China (Imlek). Karena bagi etnis keturunan Tionghoa sendiri, nastar seringkali dianggap sebagai kue yang melambangkan kemakmuran dan rejeki yang berlimpah. Sesuai namanya, yang dalam bahasa Hokian bermakna Ong Lai, yakni Buah Pir Emas dengan kemakmuran yang menghampiri.

Tak heran jika kemudian, beragam jenis kue kering seperti, nastar, kukis, putri salju, maupun kastengel menjadi sederetan nama kue yang begitu familiar ditengah masyarakat kita. Yang saking familiar-nya, Nastar bahkan seringkali didaulat menjadi sebuah panganan khas yang tak boleh dilewatkan begitu saja ketika hari raya menjelang.

Namun tahukah anda? kapan sebetulnya tradisi ini mulai berlangsung? dan bagaimana sebetulnya cerita dibalik terciptanya sebuah kue kering bernama Nastar ini?

Bagi anda yang belum mengetahuinya, tradisi membuat panganan kue kering menjelang peringatan hari raya keagamaan maupun hari besar nasional ini, telah berlangsung cukup lama, tepatnya sejak zaman penjajahan kolonial belanda dulu.

Dalam bahasa Belanda, kata Nastar sendiri berasal dari, kata Ananas yang berarti nanas serta kata Taart yang berarti sebuah tart atau kue pie. Atau dengan kata lain, jika kedua frasa kata tersebut kita gabungkan, akan terbentuk sebuah padanan kata lain yang bermakna Tart Nanas atau Kue Pie Nanas.

Dan itulah asal mula, nama sebuah panganan kue kering yang kini kita kenal dengan sebutan kue Nastar.

Bahkan dari segi resep dan pembuatannya sendiri, kue nastar yang saat ini kita kenal, nyatanya memang terinspirasi dari resep sebuah panganan khas negara kincir angin yang bernama Kue Pie atau Kue Tart. Sebuah kue kering yang terbuat dari campuran adonan tepung terigu, gula pasir halus, telur ayam, serta mentega yang biasanya diisi dengan selai buah apel, strawberry, atau blueberry.

Bedanya adalah, jika kue pie khas negara-negara eropa berukuran cukup besar, kue nastar yang kita kenal sejak zaman dahulu dibuat dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat disantap berulangkali sebagai cemilan sekali hap atau makan. Dan karena pada zaman dahulu, ketiga buah yang biasa dijadikan sebagai selai Kue Pie tersebut terbilang cukup sulit untuk ditemui di negara beriklim tropis seperti Indonesia, maka nenek moyang kita pada zaman dahulu mengganti resep selainya menjadi selai buah nanas. Dan menambah sedikit hiasan cengkih diatas toping kuning telur yang biasa menghiasi Kue Nastar.

Dan kini, seiring tuntutan dan perubahan zaman, Nastar yang dahulu hanya merupakan kue buatan rumahan, telah berhasil menjelma menjadi kue kering produksi pabrik atau bakery, yang dapat dengan mudah kita temui dalam kemasan toples di berbagai swalayan maupun pusat-pusat perbelanjaan. Sekalipun demikian, tradisi pembuatannya sebagai home made cookies, tetap melekat erat ditengah kebiasaan masyarakat kita hingga kini.

Bahkan jika dulu, nastar yang kita kenal hanya menggunakan buah Nanas sebagai bahan dasar selai-nya. Kini beragam varian nastar dapat kita temui dipasaran, seperti nastar isi susu vanilla, nastar isi cokelat, nastar candy pop, bahkan nastar isi selai buah apel, strawberry, atau blueberry yang dahulu hampir mustahil untuk ditemukan di Indonesia.

Maka beruntunglah kita yang hidup di zaman ini, karena berkat kemajuan teknologi dan kerjasama bilateral dalam hal export import yang diatur oleh tiap-tiap negara, saat ini kita dapat menikmati begitu banyak hidangan lezat dari beragam bahan makanan yang dahulu cukup mustahil untuk kita dapatkan.

Nah, bicara soal nastar, salah satu varian kue nastar yang kini mulai banyak diminati dan digandrungi oleh masyarakat kita adalah varian nastar candy pop. Dan jika anda termasuk satu diantara sekian banyak orang yang ingin mencoba untuk membuatnya, resep kue nastar candy pop berikut ini, mungkin bisa anda variasikan dengan resep kue nastar yang biasa anda buat dalam tradisi keluarga anda dirumah.

Namun sebelum membuatnya, silahkan siapkan dahulu bahan-bahan kue dibawah ini:

Bahan-bahan untuk Selai-nya sendiri, terdiri dari:

1. Cincangan Buah Nanas halus yang takarannya kurang lebih 150 gr, yang dapat anda buat dengan memarutnya, atau memblendernya,
2. Gula Pasir kurang lebih 150 gr  atau secukupnya,
3. Dan Kayu Manis kira-kira 2 tangkai.

Sedangkan untuk bahan baku pembuatan Adonan nastarnya sendiri, kita akan menggunakan beberapa bahan baku berikut ini:

1. Mentega kurang lebih 175 gr. Dan amat disarankan untuk menggunakan Blue Band Cake and Cookie untuk hasil dan rasa kue yang lebih maksimal,
2. 3 butir Telur yang hanya diambil bagian kuningnya saja,
3. Keju Parut kira-kira 150 gr  atau sesuai selera anda,
4. Tepung Terigu kurang lebih 175 gr.
5. Serta Tepung Maizena dengan takaran 30 gr

Catatan: Khusus untuk Tepung Terigu dan Tepung Maizena, silahkan mencampurkannya dan mengayaknya terlebih dahulu

Kemudian untuk bahan Egg Wash-nya sendiri, kita akan menggunakan:

1. 1 Butir Telur Ayam,
2. Dan 1 sdm Susu Bubuk Segar.

Dan terakhir, untuk bahan baku Dekorasinya sendiri, kita akan menggunakan:

1. Biji Cengkeh sesuai selera atau secukupnya,
2. Lalu Cokelat Putih Batangan sesuai selera,
3. Serta Pewarna Cokelat berwarna hijau, pink, ungu, serta kuning, ataupun warna lain yang dapat anda temui dipasaran.

Nah, jika semua bahan baku diatas telah anda siapkan, anda bisa langsung mengikuti langkah pembuatan dan penyajian resep kue nastar candy pop berikut ini:

1. Buat dahulu selai-nya: Campur dan aduk rata cincangan nanas, gula pasir, serta kayu manis yang tadi telah anda siapkan dan masaklah dengan api kecil hingga warnanya berubah kekuningan dan mengental. Lalu tuanglah selai yang barusan anda masak tersebut kedalam sebuah wadah, bisa berupa mangkuk atau nampan, dan tunggu dahulu hingga selai tersebut dingin. 
 
2. Jika sudah dingin, bentuklah selai nanas tersebut seperti biji kelereng sedikit demi sedikit

3. Kemudian, dinginkan dahulu biji-biji nanas yang telah anda buat tersebut didalam kulkas.
 
4. Sambil menunggu biji-biji selai tersebut dingin, kita dapat langsung membuat adonan kue nastar dengan mengocok mentega hingga berubah warna menjadi putih, dimana mentega yang kita gunakan disini adalah Blue Band Cake and Cookie. Kemudian masih dalam keadaan mengocok, masukkan kuning telur satu persatu. Ingat satu-persatu dan jangan sekaligus. Kocok hingga Mentega dan Telur tersebut menyatu.

5. Jika sudah, tambahkan keju parut yang tadi telah anda siapkan, ke dalam kocokan Telur dan Blue Band Cake and Cookie tadi hingga tercampur dengan merata.
 
6. Kemudian terakhir, masukkan tepung maizena dan tepung terigu yang sebelumnya sudah anda ayak dan anda campur. Dan aduk kembali hingga rata.

7. Jika semua adonan tersebut sudah merata, masukkan kedalam kulkas dan diamkan kira-kira 30 menit.

8. Kemudian timbang dan bagi adonan tadi, masing-masing sekitar 8 gr. Atau dapat juga lebih kecil atau besar sesuai selera anda.

9. Lalu, bulatkan adonan satu-persatu, tekan bagian tengahnya hingga berongga, dan isi dengan biji selai nanas yang telah anda bentuk tadi, dan bulatkan kembali hingga selai tertutup rapat sepenuhnya oleh adonan.

10. Nah, jika semua bola-bola nastar tersebut telah selesai anda bentuk, kini saatnya anda membuat Egg Wash-nya dengan mencampur 1 butir telur ayam dengan susu bubuk segar yang tadi telah anda siapkan.

11. Jika sudah, olesi dahulu loyang yang hendak anda gunakan dengan Blue Band Cake and Cookie supaya nastar tidak lengket ketika matang nanti. Dan taruhlah bola-bola nastar tadi diatas loyang dengan jarak yang tidak terlalu dekat agar masing-masing nastar tersebut dapat matang dengan sempurna, Lalu olesi bagian atasnya dengan Egg Wash yang barusan anda buat.

12. Atur oven dalam suhu 175-180 derajat C, dan panggang selama kira-kira 25 menit. 

13. Lakukan pemanggangan hingga semua bola-bola nastar tadi habis. 

14. Lalu dinginkan.
 
15. Nah, untuk memnbuat dekorasi candy pop-nya sendiri, silahkan potong kecil cokelat putih yang telah anda siapkan tadi, dan lelehkan dengan cara di tim. atau bisa juga di masak diatas api kecil hingga leleh.

16. Jika cokelat putih tersebut sudah benar-benar leleh, tiriskan dan bagi cairan cokelat putih tersebut kedalam empat wadah, kemudian beri warna dengan pewarna cokelat tadi. Dan aduk hingga warna yang dihasilkan cukup merata.
 
17. Ambil satu-persatu nastar yang telah matang tadi, dan celupkan ujung atasnya kedalam lelehan cokelat berwarna tadi, lalu diamkan hingga cokelat membeku. 

18. Dan sebagai opsional, anda dapat menambahkan hiasan cengkeh diatasnya.

Nah, terbilang cukup mudah bukan? 

Demikianlah kira-kira resep kue nastar candy pop yang bisa anda coba buat dan variasikan sendiri menjadi sajian kue kering khas nusantara dirumah anda. 


  Cara Merawat Rumah Saat Musim Kemarau
Posted by: djnand - 09-02-2017, 01:49 PM - Forum: Yang Kami Rekomendasikan - No Replies

[Image: Musim%2BKemarau.jpg]

Musim kemarau adalah musim yang membuat gerah. Cekaman panasnya juga dapat membuat beberapa peralatan di rumah menjadi rusak. Misalnya peralatan pendingin, cat dinding yang luntur dan dedaunan yang rontok, mengotori halaman rumah bahkan bagian dalam rumah Anda.

Sebelum memasuki musim kemarau atau lebih baiknya lagi sebelum musim kemarau tiba, sebaiknya Anda menyiapkan diri dan merawat kredit rumah Anda sebelum dan saat musim kemarau. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir harus meninggalkan rumah saat terik mentari karena ada bagian di dalam rumah Anda yang tidak berfungsi dengan baik.

Cek dan Optimasikan Kembali Air Conditioner Anda

[Image: Air%2BConditioner%2B%2528AC%2529.jpg]

Alat elektronik yang paling Anda butuhkan saat memasuki musim kemarau adalah AC. Oleh karena itu, AC menjadi prioritas yang harus Anda dahulukan dibandingkan perabotan yang lain. Anda harus mengecek beberapa faktor penting AC, seperti jumlah cairan pendingin, dan apakah kipas AC Anda berjalan dengan baik.

Dua hal tersebut akan mempengaruhi dua hal. Pertama, AC Anda akan tetap dingin ketika keduanya dalam kondisi baik. Kedua, jumlah tagihan listrik Anda akan lebih langsing karena AC yang rusak akan bekerja lebih keras dan memakan energi listrik yang lebih besar. Anda juga bisa membeli dan mengganti air filter AC Anda agar suaranya lebih lembut dan lebih bersih menyaring kotoran.


Mengecek Atap Rumah

[Image: Mengecek%2Bdan%2BMemperbaiki%2BAtap%2BRumah.jpg]

Atap rumah Anda harus dicek setiap tahun agar Anda tidak kerepotan saat musim kemarau atau musim hujan tiba. Saat musim kemarau, panas yang tinggi akan membuat elemen rumah Anda memuai dan kemungkinan rusak. Kerusakan elemen atap saat kemarau akan mengakibatkan kebocoran saat musim penghujan. Oleh karena itu, Anda harus mengecek atap rumah Anda pada awal dan akhir musim kemarau agar Anda dapat menanggulangi kerusakan atap rumah sebelum kerusakan tersebut makin parah. Jika terjadi kerusakan, Anda dapat segera memperbaikinya. Jika Anda memerlukan, panggillah bantuan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Periksa dan Bersihkan Selokan Tiap Hari

[Image: Membersihkan%2BSelokan%2Bdari%2BDedaunan%2BKering.jpg]

Hal yang paling identik dengan musim kemarau adalah dedaunan yang rontok. Beberapa dari dedaunan kering tersebut pasti ada yang jatuh di atas selokan dan menyebabkan mampetnya selokan tersebut. Selain dedaunan kering, pasti banyak pula biji-bijian gulma yang jatuh pada selokan dan akan menyumbat selokan saat biji-bijian tersebut tidak dibersihkan pada musim penghujan. Oleh karena itu, bersihkan selokan dari daun kering dan kotoran lain yang ada dalam selokan rumah Anda. Dengan demikian, selokan tidak akan tersumbat dan menyebabkan banjir kecil di halaman rumah saat musim hujan tiba.

Membersihkan Jendela dan Ventilasi


[Image: Membersihkan%2BJendela%2Bdan%2BVentilasi.jpg]

Pada musim kemarau, debu akan dengan mudahnya beterbangan dan membuat ventilasi serta jendela rumah Anda kotor. Ventilasi yang kotor akan membuat udara dalam rumah Anda kotor. Sedangkan jendela yang kotor akan nampak tak elok. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering mengecek dan membersihkan ventilasi saat musim kemarau.

Gunakan pembersih kaca yang dapat melapisi kaca agar debu tidak menempel. Untuk membersihkan ventilasi Anda dapat menggunakan kuas atau sikat gigi bekas untuk menjangkau area yang susah dibersihkan. Anda juga dapat memasang kasa nyamuk agar membantu menyaring debu atau kotoran yang berukuran besar yang mungkin masuk ke dalam rumah Anda.

Siram Halaman Rumah Secara Berkala


[Image: Menyiram%2BHalaman%2BRumah.jpg]

Menyiram halaman rumah akan membantu mendinginkan udara disekitar rumah Anda. Cara ini juga ampuh untuk mencegah debu dan kotoran beterbangan. Anda dapat menyiram halaman rumah Anda menggunakan pompa air agar aliran air lebih deras dan mampu mencapai area-area yang lebih luas. Sebelum menyiram, Anda harus memastikan tidak ada sambungan listrik terbuka yang dapat membahayakan jiwa Anda dan keluarga Anda.


Membersihkan Kolam Renang


[Image: Kolam%2BRenang.jpg]

Pada saat musim kemarau datang, Anda dan keluarga akan lebih sering menggunakan kolam renang dibandingkan musim penghujan. Oleh karena itu, Anda juga harus lebih sering membersihkan kolam renang di rumah Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai penyakit yang mungkin terakumulasi dari frekuensi pemakaian yang tinggi. Selain itu, dedaunan kering yang jatuh dari pepohonan dapat mengotori kolam Anda tersebut.

Anda dapat membersihkan kolam dengan menggunakan cairan pembersih dengan kadar detergen yang rendah. Sikat seluruh dinding dan dasar kolam hingga terasa kesat dan bersih dari lumut maupun lendir. Gunakan pula pompa air yang hemat energi agar tagihan listrik anda tidak membengkak karena harus bekerja keras mengisi air dalam volume yang sangat besar.

Penutup

[Image: Musim%2BKemarau%2B2.jpg]

Merawat rumah pada musim kemarau adalah investasi jangka panjang yang akan mencegah kerusakan yang ditimbulkan selama musim kemarau. Kerusakan tersebut akan menyusahkan Anda pada musim panas tersebut atau akan terakumulasi hingga terasa efek negatifnya saat musim penghujan. Demikian artikel perawatan rumah saat musim kemarau ini. Semoga dapat membantu Anda melewati musim kemarau tanpa masalah di rumah Anda!


  Maintenis Selesai 01/06/17
Posted by: djnand - 06-01-2017, 02:15 AM - Forum: Informasi Utama & Aturan Main - No Replies

Maafin ya um tante kalo beberapa hari ini ONOFF Forum agak susah diakses, baru kelar maintenis soalnya hahaha...
Maklum yg ngurus cuma 1 org, jadi kalo ada urusan lain maintenisnya ditinggal dlu wkwkwk Big Grin

Sementara maintenis tahap awal udah kelar, dan semoga semua fungsi forum udah bisa dinikmati secara normal

Di update kali ini beberapa pembaharuannya:

- Migrasi server dari Singapore ke Netherland Off Shore See_no_evil
- Nambah Gembok ijo alias https://
- Penyesuaian beberapa plugin dan permalink sama https://
- Some improvement.... Speak_no_evil


  Jangan Request yang Aneh-aneh!
Posted by: djnand - 05-04-2017, 04:51 AM - Forum: Pengen Request Board baru? - No Replies

Request board yang nggak akan saya penuhi antara lain:

*pe-opo-rn,
* ju-di,
*segala yang berbau king-king an (sorry, saya lebih suka ngebagiin yang private ditempat yang private juga  Big Grin, jadi jangan harap ada sub forum king-king an yang saya buat public )


  Rules Untuk Nyicip
Posted by: djnand - 05-04-2017, 04:47 AM - Forum: Bebas Nyicip - No Replies

* Masing2 user hanya boleh nyicip bikin thread di sub ini 1x (lebih dari 1 thread, saya kasih warning, gak denger juga saya kasih tiket libur)
* Dilarang membuat hyperlink yang mengarah kemanapun, kecuali ke homepage forum ini (dilanggar, saya liburin)
* Rule lain nyusul.... Cool


  It's Me! - djnand
Posted by: djnand - 05-04-2017, 04:42 AM - Forum: Kenalan sembari nunggu seduhan kopi tubruk - No Replies

Biarpun saya tetep sanksi kalo anda semua bakalan mulai sayang sama saya setelah saya mulai kenalan duluanBig Grin
Tapi sebagai mimin yang baik, kayanya nggak ada salahnya kalo saya ngenalin diri dulu ke sampean semua...

Anda bisa manggil saya Ferdinand, Kang Dije, Um Jee, atau apapun bebas...
Beberapa blog yang saya urus bisa anda buka melalui link di footer forum ini... atau silahkan menuju ke http://me.serabutan.com (nggak semua blog saya cantumin situ sih, cuma beberapa yang utama ada disitu. Barangkali ada yang mau mampir atau ngasih job Big Grin)

Kontak personal semuanya ada di url yang tadi....silahkan dibuka aja
Dan untuk yang mau beliin kopi sama donat, bisa kirim mentahannya ke paypal atau btc wallet yang ada di signature saya... Stuck_out_tongue_closed_eyes

Itu aja sih perkenalan dari saya... moga sampean pada betah aja disini Wink


  Apa Bedanya User "Agents" dengan User Biasa?
Posted by: djnand - 05-04-2017, 04:32 AM - Forum: Informasi Utama & Aturan Main - No Replies

User biasa: bisa melihat keseluruhan isi forum ini setelah login
User Agents: bisa melihat keseluruhan isi forum + 1 sub forum tersembunyi yang biasa saya gunakan untuk berbagi tutorial

kenapa tutorialnya nggak saya bagi secara public?

Karena mayoritas tutorial yang mau saya kasih disitu memang diperjual belikan di tempat lain, jadi selain nggak mau ganggu lapak orang sebagai penikmat saya juga nggak mau tutorial itu outdate sebelum waktunya karena ulah sebagian member alay Big Grin

Terus gimana cara untuk jadi member Agents?

Nggak ada, sepenuhnya hak prerogratif saya, dan sepenuhnya cuma yang saya kenal baik yang saya jadiin user Agents wkwkwk...

Jadi, jangan ngarep ada fitur upgrade dimana setelah anda bayar senilai nominal tertentu anda bisa ngeliat sub forum itu.

Nggak ada yang namanya member premium atau V.I.P disini. Yang ada hanya member yang saya kenal dan yang saya kenal baik... Jadi, kalo mau masuk ke sub forum itu, silahkan buat saya kenal dan tertarik masukin kalian di sub forum itu sebagai user Agents Cool


Information Maintenis 04/05/17
Posted by: djnand - 05-04-2017, 04:24 AM - Forum: Informasi Utama & Aturan Main - No Replies

Changelog:

* More Improvement (Security issue, etc)
* Add new Emoji/Smilies
* Add Image attach features
* Mention Feature... Use @ to mention other user in same thread you reply
* Much more...

Still checking dead link/ some bug for final release Big Grin


Sad Good bye! Solidfiles, We'll Miss You
Posted by: djnand - 05-03-2017, 12:24 PM - Forum: Ngopi bareng - No Replies

[Image: Solidfiles%2BShutting%2Bdown.jpg]

Per 1 Mey 2017 lalu, tim Solidfiles melalui laman situs resminya (https://www.solidfiles.com/bye) secara mengejutkan mengumumkan pemberhentian dan penutupan layanan file hosting/file sharingnya pada tanggal 31 Mei 2017 mendatang. Mereka mengatakan sudah tidak mampu lagi membiayai penyewaan server mereka akibat penurunan pendapatan mereka dari iklan yang mereka tayangkan, berikut pernyataan resminya:


Quote:Good bye!

After almost 10 years, the end has finally come. Due to declining revenues from advertisers, it's sadly no longer economically viable for us to keep running Solidfiles. Over the past year, we've tried to take measures to keep the site running, but it has unfortunately not been enough. On May 31, 2017 we'll be shutting down the servers.

For our Premium subscribers, we will be issuing partial refunds during the coming month for any time remaining after May 31st.
It has been a great journey and we hope that you have enjoyed using Solidfiles!

The Solidfiles Team
Published 2017-05-01

Sad Bahkan situs file sharing sebesar Solidfiles aja akhirnya kalah sama AdBlock ya...
Padahal dibanding link-link nggak jelas lain, jujur aja saya lebih milih link download dari solidfiles tiap kali nyari anime atau apk Big Grin 
Speednya bisa dibilang lumayan lah... dibilang kenceng nggak, dibilang lemot juga nggak (biarpun beberapa hari ini speednya mulai agak loyo sih)

Jadi inget sama Ziddu yang udah duluan bangkrut dan berubah jadi situs nggak jelas wkwkwk...

Ya, semoga ada donatur yang mau ngelanjutin situs ini... eman jane wes 10 tahun mesti bubar cuma karena pendapatan iklan menurun... padahal sya kalo pake koneksi non kuota mesti saya disabled lho itu AdBlock... iklane solidfiles jg cuma standart aja sih, banner, popup sama native...

Ja.. mata-ne Solidfiles... Heart