Latest Threads


Mengenal, 4 Jenis Rayap yang Dianggap Sebagai Hama Perusak di Indonesia


Lifestyle    No Replies

djnand, 05-20-2024, 03:03 PM

[Image: Mengenal,%204%20Jenis%20Rayap%20yang%20D...onesia.jpg]

Meski memiliki ribuan spesies, namun tak semua jenis rayap merupakan hama yang merusak. Setidaknya dari sekitar 2.000 spesies yang sudah teridentifikasi, hanya 120 spesies yang dikelompokkan sebagai hama. Di Indonesia sendiri ada sekitar 200 spesies rayap yang hidup dan berkembang biak. Atau sekitar 10% dari total spesies rayap dunia. Namun dari jumlah tersebut, hanya 4 spesies yang kerap menimbulkan masalah, yakni rayap tanah, rayap pohon, rayap kayu basah dan rayap kayu kering. Dan keempat jenis rayap inilah yang akan kita coba bahas kali ini.

Jenis-jenis rayap di Indonesia

Setidaknya, ada 4 spesies rayap yang dianggap sebagai hama perusak di Indonesia.

1. Rayap Tanah

Tahukah kamu, bahwa 90% dari kerusakan properti di Indonesia disebabkan oleh rayap dari spesies Coptotermes atau rayap tanah? Meski habitat aslinya ada didalam tanah, namun rayap jenis ini dikenal sebagai pembangun sarang yang hebat. Mereka dapat membangun sarang diatas permukaan tanah, dibatang pohon, bahkan didalam sebuah gedung bangunan. Biasanya, mereka akan membuat terowongan lumpur yang akan menjadi akses jalan yang mereka lewati dari sarang mereka didalam tanah menuju ke sumber makanan yang mereka temukan. Fungsi terowongan tersebut adalah untuk tetap menjaga kelembapan mereka selama berada diluar sarang. Rayap tanah juga umumnya hidup dalam koloni yang besar, jumlahnya bisa mencapai jutaan rayap dalam 1 koloni. Tak heran jika kerusakan bangunan yang disebabkan oleh rayap ini setiap tahunnya diperkirakan mencapai Rp 8,68 trilyun.

Karena memiliki banyak koloni, rayap tanah juga terbagi kedalam beberapa kasta. Yakni kasta reproduktif, kasta prajurit dan kasta pekerja. Kasta reproduktif umumnya dikenal dengan sebutan laron atau rayap terbang. Kasta jenis inilah yang bertugas untuk bereproduksi dan membentuk koloni baru. Sementara kasta kedua ialah kasta prajurit. Kasta inilah yang bertanggung jawab melindungi koloninya dan mengirimkan alarm bahaya saat ada ancaman dari serangga lain seperti semut. Dan yang terakhir, ialah kasta pekerja. Jumlahnya bisa dibilang yang terbanyak dibandingkan rayap tanah dari kasta lain. Tugas mereka ialah mencari makanan dan melayani anggota koloni yang lain.

2. Rayap pohon

Rayap jenis ini biasanya dapat ditemui pada pohon yang masih hidup. Mereka amat gemar menyerang pohon yang masih hidup dan bersarang disana. Hingga pohon tiba-tiba menjadi kopong dan tumbang. Salah satu spesies rayap pohon yang terkenal di Indonesia adalah Neotermes tectonae. Meski begitu, kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap pohon tidak sebesar kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap tanah.

3. Rayap kayu basah

Yang dimaksud dengan kayu basah disini adalah kayu yang memiliki kadar air diatas 18%. Umumnya adalah kayu-kayu yang telah lapuk atau cukup lembap yang berada disekitar genangan air atau kayu yang telah mengalami pembusukan. Itu mengapa, habitat mereka biasanya berada di area hutan, kebun, taman, dan sejenisnya. Salah satu contohnya adalah rayap dari spesies Glyptotermes.

4. Rayap kayu kering

Rayap kayu kering kerap diidentikkan sebagai hama perusak No.2 setelah rayap tanah. Padahal, secara koloni jumlah rayap kayu kering jauh lebih sedikit ketimbang rayap tanah. Yap, umumnya kurang dari 1.000 rayap dalam 1 koloni. Meski begitu, kerusakan yang ditimbulkan dapat menjadi substansial. Karena rayap kayu kering umumnya akan membuat sarang didalam struktur kayu yang diserangnya. Mereka juga mampu hidup diiklim yang hangat dan kering karena di alam bebas habitat mereka biasanya ada di hutan-hutan kering atau padang gurun.

Berbeda dengan rayap tanah yang gemar membuat terowongan lumpur. Rayap kayu kering umumnya sulit terdeteksi, karena berada didalam struktur kayu itu sendiri. Mereka biasanya akan membuat galeri-galeri didalam struktur kayu yang dihuninya untuk berpindah dari satu bagian ke bagian yang lain. Itu mengapa, keberadaan rayap kayu kering biasanya baru dapat dideteksi ketika muncul Frass atau kotoran rayap yang berbentuk seperti pasir kecokelatan. Saking senyapnya mereka bekerja, kita baru akan menyadarinya ketika kayu sudah mulai kopong atau rapuh karena habis dimakani oleh rayap jenis ini.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan jasa anti rayap untuk membasmi keempat spesies rayap diatas. FUMIDA menjadi salah satu jasa anti rayap yang paling direkomendasikan dan telah memiliki izin operasional resmi. Kamu bisa lebih dulu mengonsultasikan masalahmu melalui telepon dan email yang tercantum di website resmi mereka. Nantinya mereka akan lebih dulu melakukan inspeksi ke lokasi bangunan yang dimaksud untuk menentukan tindakan pencegahan atau pembasmian yang tepat.


  Open Thread

21 Destinasi Wisata Menarik Di Jepang


Wisata Mancanegara    No Replies

djnand, 10-20-2023, 01:18 PM

[Image: Kuil%20Fushimi%20Inari,%20Kyoto.jpg]

Siapa sih yang nggak pengen jalan-jalan ke Jepang? Terutama setelah kebijakan bebas visa yang diumumkan pemerintahnya tahun lalu. Yap, negeri matahari terbit ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik.

Destinasi Wisata Di Jepang

Nah, buat kamu yang lagi nyari inspirasi tempat wisata di Jepang, yuk simak rekomendasi berikut ini!

1. Kuil Fushimi Inari, Kyoto

Siapa sih yang nggak kenal dengan deretan gerbang torii merah yang ikonik ini?
  • Tempat ini terkenal dengan ribuan gerbang torii-nya.
  • Berjalan di bawah gerbang-gerbang ini serasa masuk ke dunia lain!
2. Shibuya Crossing, Tokyo

Saat berbicara soal Tokyo, siapapun pasti akan ingat dengan persimpangan ini!
  • Shibuya crossing dianggap sebagai persimpangan tersibuk di dunia.
  • Dipersimpangan ini, kamu bisa merasakan sensasi melintas bersama ratusan orang sekaligus!
3. Dataran Tinggi Hakone

Lagi nyari spot terbaik buat nge-chill sambil menikmati pemandangan Gunung Fuji? Hakone jawabannya.
  • Dataran tinggi Hakone menawarkan pemandangan Gunung Fuji yang mempesona.
  • Banyak onsen (pemandian air panas) yang bisa singgahi untuk melepas lelah.
4. Osaka Castle

Salah satu landmark terkenal di Jepang yang menggambarkan sejarah panjang negeri ini.
  • Osaka Castle merupakan bangunan megah dengan sejarah yang mendalam.
  • Taman di sekitarnya juga akan membuatmu betah untuk berlama-lama ditempat ini.
5. Nara Deer Park, Nara

Kamu suka binatang? Di Nara, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ratusan rusa jinak.
  • Rusa di sini dianggap sebagai makhluk suci.
  • Lokasi ini cocok buat kamu yang berencana untuk traveling bersama keluarga.
6. Sapporo Snow Festival

Kalo kamu ke Jepang saat musim dingin, festival ini wajib banget buat dikunjungi.
  • Sapporo snow festival ialah festival salju terbesar dengan patung-patung es yang menakjubkan.
  • Ada berbagai kegiatan seru seperti snowboarding dan konser musik.
7. Gundam Statue, Odaiba, Tokyo

Buat para penggemar anime dan mecha, patung raksasa ini pasti akan bikin kamu terkagum-kagum.
  • Di tempat ini ada patung setinggi 20 meter yang super detail.
  • Di malam hari, ada pertunjukan cahaya dan suara yang menarik.
8. Shinjuku Gyoen, Tokyo

Pengen suasana yang adem di tengah keramaian Tokyo? Ini tempatnya!
  • Taman raksasa ini jadi oase hijau di tengah kota.
  • Di musim semi, kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran.
9. Okinawa

Mau liburan ke pantai yang eksotis? Okinawa bisa jadi pilihanmu.
  • Okinawa memiliki pantai-pantai berpasir putih dan air laut yang jernih banget.
  • Cocok buat kamu yang suka diving atau snorkeling.
10. Ginzan Onsen

Suka nuansa tradisional? Ginzan Onsen di Yamagata ini bisa jadi jawabannya.
  • Kampung onsen yang punya suasana retro dengan bangunan-bangunan kuno.
  • Di musim dingin, suasana di sini jadi super romantis dengan salju yang menutupi atap-atap bangunannya.
11. Taman Nasional Nikko

Tempat ini cocok banget buat kamu yang menggemari wisata sejarah dan budaya.
  • Taman Nasional Nikko memiliki banyak kuil dan patung-patung yang mengagumkan.
  • Taman nasional ini juga punya air terjun yang keren lho, namanya Kegon Falls.
12. Akihabara, Tokyo

Buat para otaku, pasti udah gak asing lagi sama tempat ini.
  • Surga buat yang suka belanja action figure, manga, hingga peralatan elektronik.
  • Banyak juga maid cafe yang lucu-lucu buat kamu coba.
13. Dotonbori, Osaka

Ingin merasakan kehidupan malam di Jepang? Jangan lewatkan Dotonbori!
  • Zona hiburan dengan beragam neon sign yang ciamik.
  • Banyak makanan khas Osaka di sini. Seperti takoyaki atau okonomiyaki.
14. Kamikochi

Buat kamu yang suka hiking atau sekadar ingin menikmati keindahan alam pegunungan, Kamikochi jawabannya.
  • Kamikochi menawarkan pemandangan alam pegunungan yang mempesona dengan sungai yang jernih.
  • Tempat yang pas buat refresh pikiran dari rutinitas sehari-hari.
15. Himeji Castle

Salah satu kastil paling ikonik di Jepang.
  • Kastil ini masih sangat asli dan terawat dengan baik.
  • Arsitekturnya yang putih dan megah bikin kamu betah berlama-lama.
16. Nakano Broadway, Tokyo

Jangan ngaku otaku kalau belum ke tempat ini! Yap, Nakano broadway adalah surganya barang-barang koleksi.
  • Dari action figure, komik, hingga merchandise langka bisa kamu temukan di sini.
  • Plus, harganya lebih bersahabat dibanding di tempat lain.
17. Kanazawa

Kota ini dikenal dengan keindahan taman-tamannya, loh!
  • Kenrokuen adalah salah satu taman Jepang terbaik yang wajib kamu kunjungi.
  • Jangan lupa mampir ke distrik samurai dan geisha di sini.
18. Gion, Kyoto

Mau merasakan nuansa tradisional Jepang? Gion, Kyoto, adalah jawabannya!
  • Distrik geisha paling terkenal di Jepang.
  • Kamu bisa melihat geisha dan maiko berjalan-jalan di sore hari.
  • Banyak rumah teh tradisional di sini yang bisa kamu coba.
19. Naoshima

Pulau seni yang keren banget buat kamu para pecinta karya artistik!
  • Banyak instalasi seni modern dan museum di pulau ini.
  • Arsitektur bangunannya juga unik dan futuristik, cocok buat spot foto!
20. Ramen Museum, Yokohama

Buat penggemar ramen, wajib banget mampir ke sini!
  • Kamu bisa coba berbagai jenis ramen dari seluruh Jepang.
  • Belajar sejarah dan evolusi ramen juga bisa lho di sini.

21. Jigokudani Monkey Park

Siapa yang nggak mau lihat monyet-monyet lucu berendam di onsen?
  • Lokasi park ini ada di daerah pegunungan Nagano.
  • Terkenal dengan monyet salju yang suka berendam di air panas saat musim dingin.

Jepang serasa tak ada habis-habisnya untuk dijelajahi. Dari keramaian kota besar sampai ketenangan daerah pegunungan, semua ada di sini. So, tunggu apalagi? segera siapkan rencana liburanmu ke negeri matahari terbit ini


  Open Thread

Rahasia Indah Pulau Lombok: Budaya Terjalin dalam Serat Alam


Wisata Domestik    No Replies

djnand, 09-16-2023, 01:55 PM

[Image: Rahasia%20Indah%20Pulau%20Lombok,%20Buda...20Alam.jpg]
 
Kepulauan Indonesia adalah rumah bagi beragam budaya, dimana salah satu hal yang paling mencolok dalam keberagaman ini adalah keragaman kain tradisionalnya. Salah satu kain yang paling memikat perhatian adalah "kain Lombok," yang mencerminkan keindahan, kekayaan budaya, dan kerajinan tangan yang tak ternilai dari pulau Lombok. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang kain Lombok dan juga mengungkap pesona Pantai Kuta Mandalika Lombok yang semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik. Tak sabar untuk mengikuti petualangan budaya dan alam yang mengagumkan ini? Let's go!
 
Kain Lombok: Karya Seni yang Mengandung Makna
 
[Image: Kain%20Lombok.jp]
 
Kain Lombok adalah karya seni tekstil yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat. Kain ini merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Lombok dan digunakan dalam berbagai upacara adat dan perayaan. Salah satu jenis kain Lombok yang paling terkenal adalah ikat, yang dibuat dengan teknik tenun ikat yang rumit.
 
Keistimewaan ikat terletak pada cara benang-benangnya diikat sebelum dicelup ke dalam pewarna alami. Motif dan warna yang dihasilkan mencerminkan cerita budaya dan nilai-nilai Lombok yang mendalam. Setiap potongan kain ikat adalah karya seni yang unik, dan setiap motif memiliki makna khusus, sehingga kain ini tidak hanya digunakan sebagai pakaian, tetapi juga sebagai sarana komunikasi budaya.
 
Kain songket adalah jenis kain Lombok lainnya yang menarik perhatian banyak orang. Kain ini dihiasi dengan benang emas atau perak yang diselipkan ke dalam kain, menciptakan pola yang mengkilap. Songket sering digunakan dalam pernikahan dan upacara penting lainnya di Lombok.
 
Sementara kain Lombok mencerminkan warisan budaya yang kaya, Pantai Kuta Mandalika di Lombok mengundang Anda untuk menjelajahi keindahan alam yang memukau. Pantai ini adalah salah satu destinasi tersembunyi di Indonesia yang semakin populer di kalangan para pelancong.
 
Pantai Kuta Mandalika dikenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Ombak yang sempurna menjadikannya surga bagi para penggemar selancar. Anda dapat mencoba untuk bermain selancar, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepian pantai yang indah.
 
Jika Anda ingin mengagumi keindahan alam dari ketinggian, Anda dapat mengunjungi bukit-bukit di sekitar Pantai Kuta yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Saat matahari terbenam di ufuk, langit dan laut berubah menjadi warna-warni yang memukau, menciptakan momen yang tak terlupakan.
 
Indonesia.travel: Sumber Informasi Terpercaya
 
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia, kunjungi situs resmi Indonesia.travel. Situs ini adalah sumber informasi yang tepercaya untuk merencanakan perjalanan Anda ke berbagai destinasi menarik di Indonesia.
 
Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pesona budaya kain Lombok yang eksotis dan keindahan alam Pantai Kuta Mandalika yang memukau. Pulau Lombok adalah tempat yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, baik dari segi budaya maupun alam. Selamat menjelajahi kekayaan budaya dan alam yang memukau di Lombok. Dengan kain Lombok sebagai lambang budaya dan Pantai Kuta Mandalika Lombok sebagai destinasi alam yang menakjubkan, Lombok adalah surga bagi para pelancong yang ingin mengeksplorasi keindahan Indonesia yang tak terlupakan.
 


  Open Thread

Apa Itu Dividen: Mengenal, Memahami, dan Mengoptimalkannya


Lifestyle    No Replies

djnand, 09-07-2023, 12:53 PM

[Image: Apa%20Itu%20Dividen.png]

Kali ini kita akan membahas topik yang sering kali menjadi pembicaraan di dunia investasi, yap apalagi kalau bukan dividen. Namun apa itu dividen, bagaimana cara mendapatkannya, dan mengapa begitu penting dalam dunia keuangan? Mari kita bahas satu persatu.

Apa Itu Dividen?

Pertama-tama, kita harus tahu dulu apa itu dividen. Dalam dunia keuangan, dividen adalah pembagian sebagian dari keuntungan perusahaan kepada pemegang sahamnya. Ini seperti kamu mendapatkan "bagian" dari keuntungan perusahaan karena kamu adalah pemilik saham di perusahaan tersebut.

Mengapa Dividen Penting?

Dividen memiliki peran penting dalam investasi, dan ada beberapa alasan mengapa kamu harus peduli tentangnya:

1. Pendapatan Pasif: Dividen memberi kamu sumber pendapatan pasif. Ini artinya, kamu bisa mendapatkan uang hanya karena kamu memiliki saham, tanpa harus bekerja keras setiap hari.
2. Stabilitas: Perusahaan yang membayar dividen cenderung lebih stabil secara finansial. Hal ini bisa menjadi indikator bahwa perusahaan tersebut berkinerja baik.
3. Pengembalian Investasi: Dividen juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan pengembalian investasi yang lebih baik. Dengan memegang saham dalam jangka panjang, kamu dapat memperoleh dividen yang berkelanjutan.

Bagaimana Mendapatkan Dividen?

Lantas, bagaimana cara mendapatkan dividen? Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan:

1. Investasi di Saham: Pertama-tama, kamu harus memiliki saham di perusahaan yang membayar dividen. Kamu bisa membeli saham ini melalui broker saham.
2. Pantau Tanggal Ex-Dividend: Perusahaan biasanya menentukan tanggal kapan kamu harus menjadi pemegang saham (ex-dividend date) untuk berhak menerima dividen. Pastikan kamu membeli saham sebelum tanggal ini.
3. Pemegang Catatan: Jika kamu memenuhi syarat, kamu akan menjadi pemegang catatan (shareholder of record) pada tanggal yang ditentukan. Ini berarti kamu berhak menerima dividen.
4. Tunggu Pembayaran: Setelah kamu menjadi pemegang catatan, kamu hanya perlu menunggu hingga perusahaan membayar dividen. Biasanya, ini dilakukan dalam bentuk uang tunai yang akan langsung masuk ke akunmu.

Tips Mengoptimalkan Dividen

Sekarang, bagaimana kamu bisa mengoptimalkan dividenmu? Ini beberapa tips untuk membantu kamu:

1. Diversifikasi Portofolio: Jangan hanya berfokus pada satu saham. Diversifikasi portofolio investasimu untuk mengurangi risiko.
2. Pilih Perusahaan Stabil: Pilih perusahaan yang memiliki rekam jejak pembayaran dividen yang konsisten.
3. Reinvestasikan Dividen: Alihkan dividen yang kamu terima ke investasi lain untuk mempercepat pertumbuhan investasimu.
4. Pantau Portofolio: Selalu periksa kinerja investasimu dan pastikan kamu tetap memegang saham perusahaan yang masih memberikan dividen yang baik.

Kesimpulan

Jadi, dividen adalah cara perusahaan membagikan sebagian dari keuntungannya kepada pemegang saham. Ini adalah sumber pendapatan pasif yang penting dalam investasi. Kamu bisa mendapatkan dividen dengan berinvestasi di saham perusahaan yang membayar dividen, menjadi pemegang catatan pada tanggal yang ditentukan, dan menunggu pembayaran dividen. Untuk mengoptimalkan dividenmu, diversifikasikan portofolio investasimu dan pilih perusahaan yang stabil. Selalu perhatikan kinerja investasimu dan manfaatkan dividen dengan bijak. Semoga informasi ini berguna untukmu dalam mengelola investasimu!


  Open Thread

Bagaimana Sih Bacaan Doa Setelah Shalat Tarawih? Yuk, Kita Cari Tahu


Yang Kami Rekomendasikan    No Replies

djnand, 05-06-2021, 03:23 AM

[Image: Bagaimana%2BSih%2BBacaan%2BDoa%2BSetelah...2BTahu.jpg]

Shalat tarawih merupakan shalat malam yang dilaksanakan pada malam hari di bulan Ramadhan, dimana umumnya dilakukan setelah menunaikan shalat isya. Istilah tarawih itu sendiri berasal dari bahasa Arab dalam bentuk jama’ yakni dari kata "tarwiyhatun", yang diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”.

Adapun secara harfiah, shalat tarawih sendiri diartikan sebagai shalat malam yang dilaksanakan di bulan Ramadhan setelah shalat isya hingga sebelum fajar. Asal muasal dinamakan tarawih, dikarenakan orang yang melaksanakan shalat sunnah di malam bulan Ramadhan akan beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau setiap empat rakaat.

Hukum shalat tarawih ini adalah sunnah yang dianjurkan, dimana jika dikerjakan akan mendapat pahala besar, dan jika tidak dilakukan tidak akan mendapatkan dosa. Shalat tarawih pun bisa dikerjakan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri.

Menurut informasi yang didapat, jumlah rakaat shalat tarawih itu minimal dilaksanakan dua rakaat dengan jumlah maksimal tidak terbatas. Itu artinya shalat tarawih bisa dilakukan dengan 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, 11 rakaat, dan seterusnya.

Lantas, bagaimanakah bacaan doa setelah shalat tarawih? Nah, untuk mengetahui tentang bacaan doa setelah shalat tarawih, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Doa Setelah Shalat Tarawih

Allahummaj’ alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa’ilin. Wa lima ‘indaka thalibin.Wa li afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu’ridiin. wa fid-dunya zhdin. Wa fil akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radiin. Wa lin na’ma’l syakirin.

Wa ‘alal bala’I shabirin. Wa tahta lawa’I muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa ilal haudi waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin.

Wa min tha ‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma ‘in. Ma’al ladzina an’amta ‚alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasyu syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiwan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi aliman.

Allahummaj’alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su’ada’il maqbulin. Wa la taj ‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‚ala sayyidina muhammadin wa ‘alaihi wa shahbihi ajma’in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya : “Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiba-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan,

yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad),

yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kamu tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam“.


  Open Thread

Cara Membuat Cakwe


Yang Kami Rekomendasikan    No Replies

djnand, 03-28-2021, 01:28 PM

[Image: Cara%2BMembuat%2BCakwe.jpg]

Cakwe adalah makanan ringan yang disukai banyak kalangan dan bisa jadi camilan saat bersantai bersama keluarga. Di hampir setiap sudut kota Hang Zhou, Tiongkok kita dapat menjumpai banyak penjual cakwe yang sangat terkenal. Menurut sejarahnya, cakwe berasal dari kota ini. Jika kamu menyukai cakwe, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Berikut ini adalah cara membuat cakwe yang bisa kamu praktikkan sendiri.

1. Cakwe asin goreng renyah dan sederhana

[Image: Cakwe%2BAsin.jpg]

Cakwe asin dan gurih ini biasanya dijual di pedagang kaki lima bersamaan dengan camilan roti bantal. Cakwe memiliki tekstur yang berongga dan memiliki dua bagian yang bisa dipisahkan.

Bahan:

• 2 sdt ragi instan
• 200 ml air

Bahan kering:

• 250 gram tepung protein sedang
• 50 gram tepung protein rendah
• 1 sdm gula pasir
• 1 sdt garam halus
• 1 siung bawang putih (dihaluskan, sifatnya opsional)
• 1/2 sdt soda kue
• Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1) Pertama adalah membuat biang, dengan cara mencampurkan ragi instan dengan air. Lalu diamkan.
2) Semua bahan kering dicampur bersama bawang putih. Setelah itu tuangkan larutan biang tadi ke dalamnya.
3) Uleni adonan sampai kalis, lalu tutup adonan menggunakan kain lap bersih selama 15 menit.
4) Setelah menunggu 15 menit, uleni kembali adonan lalu bulatkan dan tutup lagi menggunakan kain lap. Kali ini diamkan selama 6 jam supaya mengembang.
5) Setelah menunggu, siapkan papan penggilasan dan taburi dengan terigu, kemudian giling adonan sampai mencapai ketebalan 1/2 cm lalu potong-potong dengan ukuran 2 x 10 cm.
6) Adonan yang telah dipotong kemudian diambil lalu taburi dengan sedikit tepung, tumpuk dengan adonan lain dan tekan bagian tengahnya dengan sumpit.
7) Setelah itu tarik adonan sampai sedikit melar. Panaskan minyak di wajan lalu goreng sampai matang.

2. Cara membuat cakwe manis

[Image: Cakwe%2BManis.jpg]

Cakwe manis ini juga disebut dengan kue bolang-baling atau roti bantal. Cara membuatnya sebetulnya mirip dengan cara membuat cakwe asin namun proses penggorengannya harus lebih hati-hati, karena terdapat kandungan gula di dalam adonannya sehingga jika tidak berhati-hati maka akan membuatnya mudah hangus. Resep ini adalah resep yang menhasilkan cakwe manis 20 buah.

Bahan I:

• 25 gram tepung terigu protein tinggi
• 35 ml air hangat
• 1/2 Sendok teh ragi instan
• 1/2 Sendok teh gula pasir

Bahan II:

• 125 gram tepung terigu protein tinggi
• 75 gram gula pasir
• 50 ml air hangat
• 1 butir telur
• 1/2 sdm susu bubuk
• 1/2 sdm mentega putih

Bahan III:

• 275 gram tepung terigu protein tinggi
• 80 gram gula pasir
• 100 ml air
• 1 sdt soda kue
• 1/4 sdt amoniak bubuk (food grade)
• 1/4 sdt teh garam

Bahan tambahan:

• Tepung terigu untuk taburan secukupnya
• Wijen secukupnya
• Minyak goreng secukupnya

Cara membuat cakwe manis:

1) Pertama, campur semua bahan I, lalu diamkan selama 10 menit.
2) Kemudian masukkan semua bahan II, lalu uleni hingga kalis.
3) Setelah itu campur gula pasir, soda kue, amoniak bubuk, air, dan garam dari bahan III. Kemudian tambahkan tepung terigu lalu masukkan dalam campuran adonan I dan II. Uleni adonan dan diamkan adonan selama 3 jam.
4) Siapkan papan penggilingan lalu beri taburan tepung terigu di atasnya. Giling adonan sampai mencapai ketebalan 1/2 cm lalu potong dengan ukuran 5 x 5 cm. Lalu taburi permukaannya dengan wijen.
5) Panaskan minyak di wajan lalu goreng menggunakan api kecil supaya tidak mudah gosong.


  Open Thread

5 Rekomendasi Perawatan Jerawat dari Dalam


Yang Kami Rekomendasikan    No Replies

djnand, 03-28-2021, 10:44 AM

[Image: 5%2BRekomendasi%2BPerawatan%2BJerawat%2B...BDalam.jpg]

Perawatan untuk wajah berjerawat sebaiknya juga dilakukan dari dalam, agar hasil yang didapat juga jauh lebih optimal. So, jangan Cuma dirawat dari luar ya! Berikut, 5 rekomendasi produk untuk perawatan wajah berjerawat yang bisa kamu coba.

1. Kapsida

[Image: Kapsida.jpg]

Kalian pasti sudah gak asing lagi kan dengan nama kapsida? Yap, Kapsida atau Kapsul Bersih Darah Kembang Bulan merupakan obat yang biasa digunakan untuk meringankan dan mengobati berbagai permasalahan kulit. Kapsida bisa mengobati gatal-gatal, koreng, jerawat, maupun bisul. Sudah banyak review kapsida untuk jerawat yang bisa kamu temukan di berbagai halaman marketplace maupun toko online. Dosis Kapsida untuk orang dewasa yang dianjurkan yakni 3 kali sehari. Aturan minumnya adalah 1 kapsul sebelum makan dan 2 kalpsul sekaligus sebelum tidur di malam hari.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah, obat ini tidak dianjurkan untuk mereka yang berumur kurang dari 18 tahun. Kapsida tersedia dalam bentuk kapsul untuk orang dewasa. Kamu sangat dianjurkan untuk meminumnya sesuai dengan aturan, agar tidak menimbulkan efek samping. Namun jika ternyata ada efek samping dari kapsida yang kamu rasakan setelah meminumnya. Segera hentikan pemakaian obat ini dan segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter spesialis kulit, terutama jika ada beberapa efek samping yang kamu rasakan.

Kapsul kapsida sendiri memiliki kandungan ekstrak ketumbar dan sambiloto yang diyakini memiliki sifat antibakteri.

- Ketumbar

Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan sel-sel didalam tubuh. Bukan hanya itu, antioksidan juga dapat membantu tubuh melawan inflamasi atau peradangan.

- Sambiloto

Sambiloto sendiri merupakan tanaman herbal yang mengandung zat antioksidan, antibakteri, antikanker, antiradang, serta dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sambiloto biasa dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit, yang salah satunya adalah masalah kulit. Kapsul Bersih Darah Kembang Bulan juga memiliki kandungan bahan-bahan lainnya yang bisa membantu melancarkan peredaran darah dan juga memelihara kesehatan kulit.

2. Nutrafor Radiance Beauty
[Image: Nutrafor%2BRadiance%2BBeauty.jpg]

Rekomendasi obat dari dalam untuk jerawat selanjutnya adalah Nutrafor Radiance Beauty. Produk yang satu ini diyakini mempunyai beragam kandungan vitamin yang baik bagi tubuh seperti, vitamin E, C, B6, B12 dan juga banyak bahan alami seperti grape seed extract, olive extract, dan neem bark extract yang sangat bagus untuk kulitmu. Selain mengobati jerawat, produk ini juga bisa mengenyalkan, menghaluskan dan juga mencerahkan kulitmu.

3. Acnor

[Image: Acnor.jpg]

Acnor merupakan obat minum untuk jerawat dengan kandungan bahan alami. Komposisi Acnor terdiri dari pumpkin seed extract, wheat seed extract, kiwi seed extract, dan chasteberry. Jadi dapat dipastikan kalau produk ini sangat aman untuk dikonsumsi. Efek samping seperti mual selama mengonsumsi obat ini kadangkala tetap ada, namun sangat jarang terjadi.

4. Klindamisin (Clindamycin)
[Image: Clindamycin.jpg]

Produk yang satu ini merupakan obat jerawat yang seringkali direkomendasikan oleh banyak dokter sebagai produk yang ampuh mengatasi jerawat. Bahkan ada dokter yang sampai menggunakannya sebagai campuran krim jerawat. Klindamisin bekerja dengan mengobati infeksi bakteri pada jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan linkosamid dalam Klindasimin dipercaya mampu mengobati infeksi bakteri pada organ tubuh lainnya seperti gigi, sendi, saluran kencing, tulang, dan organ lainnya.

5. Doksisiklin (Doxycycline)

[Image: Doxycycline.jpg]

Doksiklin yaitu obat antibiotik untuk menyembuhkan jerawat yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri pada area wajah, mengurangi kandungan asam lemak di area minyak, mengurangi bakteri pada area wajah, dan memastiakan nutrisi dari sel darah putih tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Efek samping yang bisa timbul kalau kamu menggunakan produk ini adalah kulitmu menjadi lebih sensitif.

Nah, itulah 5 rekomendasi produk untuk perawatan wajah berjerawat yang bisa kamu coba.


  Open Thread

2 Kumpulan Dongeng Anak Terbaru


Yang Kami Rekomendasikan    No Replies

djnand, 03-27-2021, 02:05 AM

[Image: 2%2BKumpulan%2Bdongeng%2Banak%2Bterbaru.jpg]

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk anak tercinta adalah membacakan dongeng. Membacakan dongeng sangat penting bagi perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Berikut kumpulan dongeng anak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Emas dan batu

[Image: Dongeng%2BAnak%2BEmas%2Bdan%2BBatu.jpg]

Karena kerja keras dan selalu menabung, seorang petani akhirnya menjadi kaya raya. Karena tidak ingin tetangganya tahu mengenai kekayaannya, seluruh tabungannya dibelikan emas dan dikuburnya emas itu di sebuah lubang di belakang rumahnya. Seminggu sekali digalinya lubang itu, dikeluarkan emasnya, dan diciuminya dengan penuh kebanggaan. Setelah puas, dia kembali mengubur emasnya.

Pada suatu hari, seorang penjahat melihat perbuatan petani itu. Malam harinya, penjahat itu mencuri seluruh emas si petani. Esok harinya petani itu menangis tersedu-sedu sampai seluruh tetangga mengetahui apa yang terjadi. Tak seorang tetangga pun tahu siapa yang mencuri emasnya. Jangankan soal pencurian, tentang lubang berisi emas itu saja mereka baru tahu hari itu. Jika tidak ada pencurian, tak ada yang tahu bahwa petani itu memiliki emas yang dikubur di belakang rumahnya. Sebagian orang ikut bersedih atas pencurian itu, sebagian yang lain mengejek dan menganggap petani itu bodoh. “Salah sendiri menyimpan emas di rumah. Mengapa tidak dijual saja dan uangnya dipakai untuk membangun rumah. Biar rumahnya lebih bagus, tidak reot seperti sekarang. Itulah ganjaran orang kikir. Kalau dimintai sumbangan, selalu saja jawabannya tidak punya. Sekarang, rasakan sendiri!” Lelaki tua itu tinggal tak jauh dari rumah si petani. “Sudahlah, begini saja. Di lubang bekas emas itu kuburkanlah sebongkah batu atau apa saja dan berlakulah seperti sebelum kau kecurian.” Mendengar itu, si petani marah. “Apa maksudmu? Kau mengejekku, ya? Yang hilang itu emas, bukan batu. Kau sungguh tetangga yang jahat. Kau memang orang miskin yang cuma bisa mengubur batu. Aku bisa mengubur emas atau apa saja semauku. Kini aku kehilangan emas dan kau enak saja menyuruhku mengubur batu. Kau pikir batu sama dengan emas?!”

Dengan tenang lelaki tua itu menjawab: “Apa bedanya emas dan batu? Kalau kau bisa mengubur emas, seharusnya kau juga bisa mengubur batu. Tahukah kau, dengan mengubur emas berarti kau telah menjadikan logam mulia itu sebagai barang yang tidak berharga. Lalu, apa salahnya kau mengubur batu dan berkhayal yang kau kubur itu adalah emas.”

2. Burung bangau angkuh

[Image: Dongen%2BAnak%2BBurung%2BBangau%2BAngkuh.jpg]

Seekor bangau berjalan dengan langkah yang anggun di sepanjang sebuah sungai kecil, matanya menatap air sungai yang jernih, leher dan paruhnya yang panjang siap untuk menangkap mangsa di air sebagai sarapan paginya. Saat itu, sungai dipenuhi dengan ikan-ikan yang berenang, tetapi sang Bangau merasa sedikit angkuh di pagi hari itu.

"Saya tak mau makan ikan-ikan yang kecil," katanya kepada diri sendiri. "Ikan yang kecil tidak pantas dimakan oleh bangau yang anggun seperti saya."

Sekarang, seekor ikan yang sedikit lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya.

"Tidak," kata sang Bangau. "Saya tidak akan merepotkan diri saya untuk membuka paruh dan memakan ikan sebesar itu!"

Ketika matahari mulai meninggi, ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran sungai, akhirnya berenang pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang Bangau yang tidak melihat ikan lagi, terpaksa harus puas dengan memakan siput kecil di pinggiran sungai. Cerita ini mengajarkan anak untuk tidak bersikap angkuh.


  Open Thread

Sstt!!! Udah Tahu Belum? Aplikasi Kencan Bisa Membantumu Belajar Bahasa Asing Lho!


Yang Kami Rekomendasikan    No Replies

djnand, 07-23-2020, 12:43 PM

[Image: Sudah%2BTahu%2BBelum%2BAplikasi%2BKencan...%2BLho.jpg]

Bela, seorang karyawati berusia 28 tahun yang tinggal di Bandung, adalah penutur asli bahasa Indonesia. Namun ia lebih suka berkencan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda serta menguasai banyak bahasa asing lain, seperti halnya bahasa Inggris. "Tak masalah jika kamu enggan untuk melakukannya," katanya, "tapi bagi saya bilingual lebih mengasyikkan dan saya merasa akan jauh lebih menarik jika orang lain juga berpikir demikian."

Dia tidak peduli bahasa apa yang digunakan oleh teman kencannya, selama mereka dapat berkomunikasi dalam salah satu bahasa yang mereka mengerti itu sudah cukup. "Itu tidak harus menjadi bahasa yang saya gunakan atau yang dia gunakan, karena akan lebih menarik jika kami menguasai dua bahasa," tambahnya, "dan itu pasti sesuatu yang akan membawa kita lebih dekat, karena belajar bahasa lain dengan pasangan Kamu adalah sebuah hal yang menyenangkan."

Kebanyakan orang tampaknya setuju dengan pendapat tersebut. Jika kamu ingin berkencan, maka cobalah ajak mereka berkomunikasi dalam bahasa lain. Sebagian besar orang Amerika - 72% - menganggap orang yang dapat berbicara dalam banyak bahasa lebih menarik daripada mereka yang hanya dapat berbicara dalam satu bahasa (atau dengan kata lain hanya bahasa ibu mereka), studi tersebut di publikasikan oleh sebuah aplikasi kencan dan aplikasi belajar bahasa inggris online gratis percakapan dimana jumlah responden yang di survei mencapai lebih dari 700 orang.

Sayangnya, para pecinta linguistik (Bahasa) di Amerika mungkin akan lebih sulit menemukan pasangannya: Karena hanya 20% orang Amerika yang belajar bahasa selain bahasa Inggris di sekolah, hal ini diungkap oleh sebuah penelitian yang dirilis oleh Pew Research Center. Sebagai perbandingan, sebuah lembaga kajian (think tank) yang berbasis di Washington, D.C. menyatakan hal yang sebaliknya di tempat lain. Yap, rata-rata - 92% - siswa di Uni Eropa dapat berbicara lebih dari satu bahasa lewat test inggris.

Berbicara bahasa lain juga bisa menjadi indikator tertentu, survei terbaru menunjukkan, bahwa 76% orang Amerika menganggap mereka yang dapat berbicara bahasa lain terlihat lebih "berwawasan". Memiliki kecerdasan linguistik terlihat sangat menarik," katanya. "Berbicara lebih dari satu bahasa dengan lancar menunjukkan bahwa orang tersebut cukup cerdas dan memiliki latar belakang berpendidikan yang baik. Hampir semua wanita lajang setuju, bahwa smart atau cerdas merupakan sebuah indikator umum yang mereka inginkan dalam diri pasangannya.

Survei lain menemukan bahwa orang Amerika umumnya suka berpetualang terutama dalam hal berkencan: 76% dari mereka mengatakan bahwa mereka akan terbuka untuk berselingkuh saat musim panas di luar negeri, bahkan 72% mengatakan bahwa mereka akan pindah ke luar negeri untuk urusan asmara. Berkencan dengan seseorang dari negara lain dianggap memiliki tantangannya sendiri, termasuk perbedaan budaya dan hambatan bahasa, namun para pria/wanita lajang tampaknya bersedia untuk mengabaikannya.

Karena faktanya, penelitian ini juga menemukan bahwa orang-orang bahkan tidak peduli apakah pasangan mereka dapat berbicara dalam bahasa yang sama seperti mereka: 64% orang Amerika bahkan menyatakan akan berkencan dengan seseorang yang tidak berbicara bahasa mereka sama sekali. Ini terutama berlaku untuk pria, dengan 71% responden yang mengatakan bahwa mereka akan berkencan dengan seseorang yang tidak berbicara bahasa Inggris.

Hal ini mungkin benar, terutama bagi mereka yang biasa menggunakan aplikasi kencan, layaknya Tinder. Secara umum, orang-orang yang menggunakan aplikasi ini bukanlah mereka mencari ikatan cinta dalam hidup mereka, melainkan mereka yang hanya sekedar mencari teman kencan yang menyenangkan dan asik diajak ngobrol saat hangout.

"Seseorang yang dapat berbicara dalam bahasa yang berbeda terlihat menarik dan eksotis, bahkan terlihat "Hot" dalam konotasi yang positif" tambahnya.


  Open Thread

Cek Alasan Mengapa Perlu Memiliki NPWP


Yang Kami Rekomendasikan    No Replies

djnand, 07-15-2020, 07:01 AM

[Image: Cek%2BAlasan%2BMengapa%2BPerlu%2BMemiliki%2BNPWP.jpeg]

NPWP Online adalah salah satu bentuk kemudahan untuk mereka yang ingin membuat NPWP namun memiliki aktivitas yang cukup padat. Dengan layanan NPWP Online, siapa saja yang ingin membuat NPWP bisa mengurusnya hanya melalui smartphone dimana saja dan kapan saja. Nah, memiliki NPWP menjadi sangat penting khususnya bagi wajib pajak yang memenuhi syarat objektif dan subjektifnya.

Nomor Pokok Wajib Pajak sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu NPWP pribadi dan NPWP badan usaha. Selain untuk menghindari sanksi pidana, memiliki NPWP juga memberikan banyak manfaat yang ternyata tak banyak diketahui. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Manfaat Memiliki NPWP

Melamar Pekerjaan

[Image: Melamar%2BPekerjaan.jpg]

Salah satu manfaat dari NPWP yang masih belum banyak diketahui yaitu untuk melamar pekerjaan. Tahukah Anda, kalau sekarang ini banyak perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya memiliki NPWP. Biasanya NPWP tersebut digunakan apabila perusahaan ingin memberikan potongan pada PPh sesuai Pasal 21 dengan tarif normal bagi pemiliknya..

Syarat Pembuatan Paspor

[Image: Syarat%2BPembuatan%2BPaspor.jpg]

Saat memutuskan untuk liburan atau bepergian ke luar negeri, paspor menjadi barang yang tidak boleh ditinggalkan. Untuk bisa membuat paspor salah satu syarat yang harus Anda penuhi selain KTP dan Kartu Keluarga adalah NPWP. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk melakukan liburan keluar negeri dalam waktu dekat pastikan untuk segera membuat NPWP sekarang juga.

Terhindar dari Pidana

[Image: Terhindar%2Bdari%2BPidana.jpg]

Seperti yang sudah dijelaskan, bagi wajib pajak yang memenuhi persyaratan objektif dan subjektif memiliki NPWP namun tidak membuatnya, maka akan mendapatkan sanksi tegas. Peraturan tersebut sesuai dengan Pasal UU No.28 Tahun 2007 dimana disebutkan bahwa minimal hukuman penjara yang harus dijalani yaitu minimal 6 bulan dan maksimal 6 tahun.

Tarif Pajak Menjadi Lebih Ringan

[Image: Tarif%2BPajak%2BMenjadi%2BLebih%2BRingan.jpg]

Bagi wajib pajak yang memiliki NPWP Online maka tarif PPh yang dikenakan sesuai Pasal 21 akan lebih rendah 20 persen daripada wajib pajak yang tidak memilikinya. Hal ini juga berlaku untuk tarif PPh sesuai Pasal 23 dimana juga akan 2 kali lebih rendah daripada yang tak memiliki NPWP.

Syarat Pengajuan SIUP

[Image: Syarat%2BPengajuan%2BSIUP.jpg]

SIUP merupakan Surat Izin Usaha Perdagangan yang mana harus dimiliki tiap pengusaha agar usaha yang telah mereka rintis disahkan negara. SIUP sendiri harus dimiliki baik untuk perusahaan besar maupun usaha yang masih baru merintis. Nah, untuk membuat SIUP, syarat wajib yang harus Anda penuhi yaitu Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.

Syarat Pengajuan Pinjaman ke Bank

[Image: Syarat%2BPengajuan%2BPinjaman%2Bke%2BBank.jpg]

Saat Anda akan melakukan pinjaman ke bank, NPWP juga menjadi salah satu syarat yang harus dibawa. Umumnya Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP digunakan sebagai jaminan untuk pencairan pinjaman. Dengan adanya NPWP, tentu saja pinjaman dana yang Anda lakukan akan lebih cepat diproses.

Nah, karena begitu banyaknya manfaat dari NPWP ~ maka pastikan untuk ikut membuatnya sesegera mungkin. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke Kantor Pelayanan Pajak, Anda bisa menggunakan layanan NPWP online yang telah terbukti mudah dan praktis. Selain karena pembuatannya yang cepat, Anda pun juga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Nah, bagi Anda para pengusaha yang baru saja mengurus NPWP badan usaha, kini saatnya Anda juga mengurus laporan keuangan menggunakan aplikasi BukuKas. Aplikasi BukuKas menyediakan berbagai fitur yang akan mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan. Dengan menggunakan aplikasi BukuKas tentu saja, aktivitas keuangan bisnis Anda bisa tercatat dengan baik.


  Open Thread